Health

2 Cara Menaikkan Berat Badan agar Ideal

By Erwin |

Menaikkan berat badan merupakan tantangan bagi beberapa orang dengan metabolisme yang cepat, sehingga memiliki tubuh yang cenderung kurus. Cara menaikkan berat badan agar mendapatkan tubuh ideal, tetapi tetap sehat dibutuhkan dan dicari banyak orang.

Namun, meningkatkan berat badan dengan cara yang sehat dan aman tidak mudah, karena membutuhkan perubahan pola makan yang tepat dan latihan fisik yang teratur. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membantu meningkatkan asupan kalori dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. 

Cara Menaikkan Berat Badan melalui Pola Makan yang Tepat

Cara menaikkan berat badan yang pertama adalah dengan mengatur pola makan yang sehat dan aman. Perhatikan dan lakukan langkah berikut ini agar impian memiliki berat badan ideal bisa segera tercapai: 

1. Konsumsi makanan berkalori tinggi

Pilih makanan yang kaya kalori, seperti: kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan buah-buahan kering. Juga, tambahkan lemak sehat dalam diet Anda, seperti: minyak zaitun, minyak kelapa, atau mentega kacang. 

2. Perbanyak frekuensi makan

Coba untuk makan lebih sering dalam satu hari, misalnya dengan menambahkan dua atau tiga makanan kecil di antara waktu makan utama. Hal ini akan membantu meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan. 

3. Pilih makanan yang mengandung protein tinggi

Protein adalah nutrisi penting dalam membangun otot dan meningkatkan berat badan. Konsumsi sumber protein tinggi, seperti: daging, ikan, telur, produk susu, dan kacang-kacangan. 

4. Tingkatkan asupan karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama untuk tubuh. Pilih karbohidrat kompleks, seperti: roti gandum, nasi merah, kentang, dan oatmeal yang mengandung serat dan nutrisi penting.  

5. Minumlah susu atau minuman tinggi kalori

Minumlah susu atau minuman protein tinggi kalori sebagai camilan atau tambahan untuk meningkatkan asupan kalori harian Anda. Anda juga dapat menambahkan jus buah, smoothie, atau minuman tinggi protein lainnya ke dalam diet Anda. 

Cara Menaikkan Berat Badan Melalui Latihan Fisik untuk Membangun Otot 

Selain perubahan pola makan, cara menaikkan berat badan juga bisa dilakukan dengan latihan fisik yang teratur. Cara ini dapat meningkatkan massa otot dan berat badan dengan sehat. Berikut adalah beberapa latihan yang bisa dilakukan: 

1. Latihan kekuatan

Fokus pada latihan kekuatan, seperti: angkat beban, pull-up, push-up, dan squats. Latihan ini akan merangsang pertumbuhan otot dan meningkatkan berat badan dengan sehat. 

2. Latihan compound

Latihan compound melibatkan beberapa kelompok otot sekaligus, seperti deadlift, bench press, dan squat. Latihan ini efektif untuk membantu membangun otot tubuh secara keseluruhan. 

3. Latihan intensitas tinggi

Latihan dengan intensitas tinggi, seperti HIIT (High-Intensity Interval Training) dapat membantu membakar kalori lebih banyak dan meningkatkan metabolisme tubuh. 

4. Konsultasikan dengan ahli kebugaran

Jika Anda tidak yakin tentang program latihan yang tepat, sebaiknya konsultasikan dengan ahli kebugaran atau personal trainer agar bisa merancang program latihan yang sesuai tujuan Anda. 

Jadi, cara menaikkan berat badan agar mencapai kondisi yang ideal dapat dilakukan dengan perubahan pola makan yang tepat dan latihan fisik yang teratur. Jika Anda memiliki kekhawatiran atau pertanyaan lebih lanjut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi yang dapat memberikan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan Anda.  


 

Share

Trending Article

Article Category