Health

3 Bahan Alami Yang Mudah Didapat untuk Mengatasi Masalah Kulit Mengelupas

Kulit mengelupas bisa disebabkan oleh berbagai hal termasuk cuaca hingga paparan zat kimia. Anda harus segera mengatasi masalah ini agar tidak terinfeksi kuman dan semakin parah. Selain pengobatan secara medis, Anda juga bisa mengatasi masalah kulit mengelupas ini menggunakan bahan yang lebih alami. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati kulit yang mengelupas serta bagaimana cara aplikasinya. 

1. Madu 

Siapa yang tidak mengenal bahan yang satu ini? Bahan yang dihasilkan oleh lebah ini sangat ampuh baik digunakan untuk pengobatan dari dalam ataupun luar tubuh, termasuk mengobati kulit yang terkelupas. 

Pertama, bersihkan area kulit yang mengelupas. Kemudian, oleskan madu ke area kulit yang bermasalah tersebut. Madu diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini dipercaya mampu mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit dikarenakan cuaca ataupun radikal bebas. 

Selain itu, bahan alami ini juga mengandung zat antibakteri yang mampu membunuh bakteri yang merusak kulit. Gunakan madu setidaknya 1 kali sehari secara rutin. Anda akan merasakan hasilnya setelah beberapa minggu. 

2. Susu

Madu bukan satu-satunya bahan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah kulit mengelupas. Bahan alami lain seperti susu juga ampuh untuk mengatasi masalah ini. Penggunaan susu untuk mengatasi masalah kulit mengelupas sangat efektif. Hal ini karena susu mengandung beberapa vitamin, seperti vitamin A, B, dan D. Vitamin tersebut membantu menghidrasi kulit agar lebih lembab. 

Susu juga akan membantu membersihkan kotoran, debu, dan polusi di kulit wajah. Cara aplikasinya pun sangat mudah. Campur 1 cangkir susu bubuk dengan ½ cangkir madu. Jika ada, Anda juga bisa menambahkan 1 cangkir oatmeal. 

Aduk rata semua bahan hingga merata. Kemudian oleskan campuran tersebut pada kulit yang mengelupas. Pastikan kulit yang mengelupas sudah bersih. Akan lebih baik jika susu yang Anda gunakan adalah susu organik. Aplikasikan campuran tersebut saat malam hari ketika kondisi kulit sudah relaks.

3. Lidah Buaya

Coba tengok pekarangan Anda. Pastikan Anda sudah menanam lidah buaya. Pasalnya, lidah buaya juga merupakan bahan alami yang aman dan efektif untuk mengatasi masalah kulit yang mengelupas. 

Kandungan liur yang terkandung dalam aloe vera atau lidah buaya ini sangat baik untuk menghidrasi kulit, termasuk menghilangkan rasa gatal dan kulit kering yang mengelupas. Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi kulit mengelupas sangat mudah. Potong lidah buaya lalu cuci bersih. Kemudian, bersihkan area kulit yang bermasalah. 

Oleskan getah atau liur yang ada pada lidah buaya ke area kulit yang mengelupas. Biarkan selama beberapa menit hingga kering lalu bilas hingga bersih. Lakukan selama beberapa minggu secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.  

Nah, sekarang Anda tidak perlu panik jika kulit Anda mengelupas. Cobalah 3 bahan alami yang ampuh mengatasi kulit mengelupas di atas. Lakukan secara rutin selama beberapa minggu. Biasanya kulit yang mengelupas akan berangsur-angsur berkurang dan akhirnya normal kembali.