Health

4 Cara Diet Alami Aman tanpa Obat, Aman dan Ampuh

By Erwin |

Berat badan ideal adalah impian banyak orang, karena akan membuat diri terlihat menarik dan aman untuk kesehatan. Salah satu solusi untuk menurunkan berat badan yang aman adalah dengan cara diet alami tanpa obat, sehingga tidak memiliki risiko yang berbahaya. 

Mengutip dari Journal of Health Education, Sazani A. (2016), usaha penurunan berat badan sangat penting dilakukan guna mencegah terjadinya komplikasi akibat obesitas. Obesitas sendiri terjadi karena asupan yang masuk tidak seimbang dengan yang keluar dalam jangka waktu yang lama, sehingga banyak lemak yang tertimbun. 

Dewasa ini, banyak orang yang menginginkan cara instan dalam menurunkan berat badan, sehingga kerap keliru saat menerapkan metode diet, seperti mengonsumsi obat-obataan pelangsing. Padahal hal ini sangat berisiko dan berbahaya untuk tubuh.    

4 Cara Diet Alami Aman tanpa Obat 

Terdapat beberapa cara diet alami yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk program diet secara alami yang tentunya aman bagi kesehatan tubuh:

1. Atur Pola dan Jenis Makanan

Cara pertama untuk diet alami adalah dengan mengatur pola dan jenis makanan yang dikonsumsi. Langkahnya cukup mudah untuk dilakukan. Kurangi porsi makan, kurang lebih sekitar 10-20% dan makan dengan perlahan-lahan. Jika Anda makan secara terburu-buru, maka rasa kenyang akan cenderung terasa lebih lama untuk dicapai, sehingga Anda cenderung mengonsumsi makanan yang berlebihan. 

Mengurangi pola makan yang sehat menjadi cara yang cukup efektif untuk menekan nafsu makan. Namun, hal ini juga perlu diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi protein, serat, dan lemak sehat. Selain itu, hindari makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Kurangi pula makanan atau minuman yang tinggi gula dan kalori.  

2. Aktif Bergerak dan Olahraga secara Rutin

Cara diet alami yang aman tanpa obat selanjutnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Melakukan banyak aktivitas fisik dan olahraga bisa membantu proses pembakaran kalori. Terdapat banyak aktivitas olahraga yang bisa dipilih, seperti” jogging, senam, dan kardio. 

Cukup berolahraga sekitar 30 menit saja setiap hari. Berolahraga memiliki manfaat yang beragam bagi tubuh. Selain untuk menurunkan berat badan, berolahraga juga dapat membuat tubuh lebih bugar dan terhindar dari penyakit.  

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat adalah hal yang sangat penting bagi tubuh. Waktu istirahat perlu diperhatikan untuk mendukung program diet alami. Pasalnya, jika tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, maka hal itu memudahkan rasa lapar untuk hinggap, sehingga menimbulkan dorongan untuk mengonsumsi makanan yang berlebihan pada malam hari. 

4. Hindari Alkohol

Alkohol dapat meningkatkan risiko obesitas, karena alkohol memiliki kandungan kalori yang tinggi. Selain dapat menyebabkan obesitas, alkohol juga dapat memicu beberapa penyakit, seperti: stroke, darah tinggi, dan juga berbagai gangguan lainnya.

Nah, demikian adalah beberapa cara diet alami yang aman tanpa obat. Menurunkan berat badan secara alami memang tidak bisa dilakukan secara instan, sehingga dibutuhkan kesungguhan dan konsistensi yang kuat. Selamat mencoba!  

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category