Health

4 Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi secara Alami dan Cepat

By Erwin |

Cara mengeluarkan dahak pada bayi belakangan ini sering dicari para bunda di rumah. Hal ini terjadi akibat pergantian musim yang tak menentu. Bayi yang awalnya sehat dan aktif cenderung mudah jatuh sakit akibat cuaca yang tak menentu. Salah satunya terserang batuk pilek. Kondisi ini tentu tidak nyaman dan cenderung membuatnya rewel. 

Pengertian Penyakit Dahak

Dahak adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan pernapasan, yang di dalamnya terdapat lendir dan bisa dikeluarkan dari tubuh si bayi. Penyakit dahak juga bisa menyulitkan bayi untuk menelan makanan dan minuman, termasuk ASI. 

Penyebab Penyakit Dahak

Penyakit dahak bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: 

1. Menghirup Debu 

Saat bayi menghirup sesuatu yang kotor terutama debu, ia akan bersin-bersin dan batuk terus-menerus. Karena itu, hal ini dapat mengganggu pernapasan bayi, yant kemudian berkembang menjadi penyakit dahak.

2. Mengalami Flu dan Batuk

Salah satu yang menyebabkan bayi mengalami dahak adalah infeksi bakteri flu dan batuk. Hal ini biasanya ditandai dengan rasa gatal di tenggorokan, sakit kepala, dan flu. 

3. Paparan Asap Rokok

Paparan asap rokok sangat membahayakan bagi bayi, karena akan membuat sang bayi mengalami batuk hingga memicu dahak. Apabila di rumah Bunda, ada anggota keluarga yang merokok, maka jauhkan si kecil dari orang tersebut.   

4. Menghirup Bahan Kimia

Bunda perlu hati-hati dalam meletakkan sesuatu dengan bahan kimia yang tinggi, seperti: parfum, pewangi, dan lainnya.  Sebab, jika bahan itu terhirup oleh bayi, maka bisa memicu munculnya dahak di dalam tenggorokan. Apabila tidak segera diobati, maka dahak itu akan bertambah banyak.

5. Grok Grok

Penyakit grok grok bisa terjadi sejak bayi baru lahir, karena saluran pernapasan yang masih kecil atau produksi dahak yang meningkat.

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi 

Cara mengeluarkan dahak pada bayi bisa dilakukan secara alami dan cepat seperti berikut ini: 

1. Menggunakan Uap Air Hangat dan Minyak Telon

Cara pertama yang harus dilakukan dengan menyiapkan air hangat di dalam wadah. Lalu mencampurkannya dengan minyak telon secukupnya. Setelah itu, tengkurapkan bayi dan dekatkan dengan uapnya. Proses ini merupakan terapi mandiri yang bisa dilakukan di rumah. Manfaatnya dapat mengencerkan dahak yang tersumbat.

2. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Sangat direkomendasikan untuk berjemur pada pagi hari, terutama untuk bayi newborn. Berjemur akan menambah daya tahan tubuh agar semakin kuat dan sehat.  Selain itu, berjemur juga bisa menghilangkan lendir-lendir tersumbat, yang biasanya bisa keluar dari kotoran di telinga maupun hidung, berupa ingus walaupun tidak sedang pilek. 

3. Menepuk Punggung

Menepuk punggung bayi secara pelan-pelan akan merangsang lendir untuk menjadi encer, sehingga bisa dikeluarkan bayi secara langsung lewat mulut atau dikeluarkan melalui kotorannya. 

4. Memberikan ASI Sesering Mungkin

Dengan cara memberikan ASI sesering mungkin, maka bayi akan mengalami peningkatan kekebalan. Jadi, si kecil akan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Namun, perlu diketahui selain memberikan ASI, Bunda juga harus memperhatikan asupan gizi, terutama memberikan vitamin.

Itulah pembahasan mengenai cara mengeluarkan dahak pada bayi. Semoga bayi Bunda sehat selalu. 






 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category