Health

Selain Obat, Lakukan Juga 4 Cara Menurunkan Kolesterol Ini untuk Hasil Optimal!

Seperti yang sudah Anda ketahui, kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor pemicu beragam jenis masalah kesehatan yang serius. Contohnya hipertensi, stroke, hingga penyakit jantung. Untungnya, cara menurunkan kolesterol bisa dilakukan tak hanya dengan mengonsumsi obat-obatan dari dokter, tapi juga lewat perubahan gaya hidup dan pola makan. 

Kalau begitu, apa saja ya cara menurunkan kolesterol di samping konsumsi obat penurun kolesterol? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini terlebih dulu, yuk!

1.    Konsumsi Makanan Rendah Lemak

Salah satu pemicu utama penyakit kolesterol tinggi adalah pola makan tinggi lemak – lebih spesifik lagi lemak jenuh dan lemak trans, yang biasa dikenal sebagai lemak jahat. Keduanya banyak ditemukan di dalam makanan gorengan dan junk food. 

Kalau Anda ingin menurunkan dan mengendalikan kolesterol, pilih makanan rendah lemak dan makanan yang kaya akan kandungan lemak baik. Contohnya asam lemak omega-3 dan omega-6, yang masuk ke dalam kategori asam lemak tak jenuh ganda atau asam lemak esensial. 

Beberapa jenis makanan dengan kandungan lemak baik misalnya alpukat, kacang-kacangan, ikan salmon, ikan makarel, ikan sarden, kacang kedelai, kacang kenari, biji wijen, dan biji bunga matahari.

2.    Perbanyak Asupan Serat

Ada banyak manfaat yang dapat Anda rasakan dengan menambah asupan serat ke dalam menu makan sehari-hari, dan salah satunya adalah turunnya kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Lebih spesifik lagi, tambahkan serat larut ke dalam menu makan Anda. 

Serat larut bisa bantu mengurangi penyerapan kolesterol ke aliran darah di dalam tubuh. Pasalnya, serat larut bisa mencegah pemecahan dan pencernaan beberapa kolesterol makanan. Seiring dengan berjalannya waktu, kadar kolesterol di dalam darah pun akan berkurang dan lebih mudah dikontrol.

Lantas, apa saja ya jenis makanan yang kaya kandungan serat larut? Beberapa di antaranya adalah oat meal, apel, pir, wortel, flaxseed atau biji rami, kacang hitam, kacang merah, ubi, dan brokoli.

3.    Olahraga Rutin

Sama halnya dengan pola makan sehat, olahraga secara rutin juga punya manfaat luar biasa bagi tubuh, termasuk untuk Anda yang berisiko atau malah sudah mengidap kolesterol tinggi. Soalnya, aktivitas fisik selama olahraga bisa membakar sisa maupun tumpukan lemak di dalam tubuh yang berpotensi menjadi sumbatan aliran darah. Tak hanya itu saja, berolahraga secara rutin juga bisa bantu tingkatkan kadar kolesterol baik.

Cukup berolahraga selama minimal 30 menit setiap hari untuk membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol di dalam darah. Sedangkan jenis olahraga yang bisa Anda lakukan kembali ke preferensi Anda sendiri. Bahkan olahraga sesimpel bersepeda, jogging, jalan cepat, maupun berenang bisa memberikan efek signifikan selama Anda rutin dan konsisten.

4.    Stop Merokok dan Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol

Jika Anda punya kebiasaan merokok, segera hentikan kebiasaan ini jika Anda serius ingin menurunkan kolesterol. Karena hanya dengan berhenti merokok saja, kadar kolesterol baik alias HDL di dalam tubuh akan langsung mengalami peningkatan.

Di samping itu, batasi pula jumlah konsumsi minuman beralkohol. Dilansir dari Halodoc, jumlah minuman beralkohol yang ideal adalah 1 gelas sehari untuk wanita, atau 2 gelas sehari untuk pria. Pasalnya, studi menunjukkan bahwa konsumsi alkohol dalam jumlah sedang saja telah dikaitkan dengan jumlah HDL yang lebih tinggi.

Itu dia 4 cara menurunkan kolesterol yang bisa Anda coba lakukan di samping mengonsumsi obat penurun kolesterol dari dokter. Selamat mencoba dan semoga Anda sehat selalu.