Health

4 Cara Meredakan Batuk Berdahak dan Penyebabnya

By Erwin |

Batuk adalah salah satu gangguan saluran pernapasan yang diakibatkan infeksi dan peradangan di tenggorokan. Bagi beberapa orang, batuk berdahak lebih mengganggu daripada batuk kering. Tak perlu khawatir, karena ada banyak cara meredakan batuk berdahak.  

Batuk berdahak sendiri terjadi karena saluran pernapasan tubuh terlalu banyak memproduksi dahak dan lendir. Lendir tersebut biasanya disertai peradangan di tenggorokan, sehingga mengakibatkan rasa gatal. 

Batuk berdahak biasanya terjadi karena infeksi, yang diakibatkan influenza bronkitis, atau penyakit yang lebih parah seperti tuberkulosis, pneumonia, dan kanker paru-paru. Selain itu, batuk berdahak bisa juga disebabkan alergi karena ada benda asing yang masuk ke tubuh, seperti: asap, debu, makanan, dan cairan tertentu. 

4 Cara Meredakan Batuk Berdahak dengan Mudah 

Setelah mengetahui beberapa penyebab batuk berdahak di atas, dikutip dari repository.setiabudi.ac.id, berikut adalah 4 cara meredakan batuk berdahak yang bisa dicoba dengan mudah di rumah:   

1. Berkumur dengan Air Garam

Batuk berdahak sering menimbulkan rasa tidak nyaman karena adanya lendir yang mengganjal di tenggorokan. Saat batuk berdahak menyerang, hal ini dapat menimbulkan rasa dan gangguan yang tidak nyaman saat berbicara. Hal ini bisa diredakan dengan cara berkumur menggunakan air garam. 

Caranya cukup mudah, yaitu dengan melarutkan garam dengan air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur. Larutan garam hangat tersebut juga dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan dan membantu mengeluarkan lendir atau dahak saat batuk.

2. Minum Banyak Air Putih  

Selanjutnya, perbanyak minum air putih, karena dapat membantu membersihkan banyak lendir yang ada di dalam saluran pernapasan. Selain itu, lendir atau dahak yang dikeluarkan ketika batuk juga bersifat cair dan tentu akan mengurangi rasa sakit di tenggorokan. 

3. Mengonsumsi Madu secara Langsung 

Madu juga dapat dijadikan bahan campuran untuk membuat minuman herbal pereda batuk yang alami. Madu memiliki kandungan yang bersifat antiseptik dan antiinflamasi yang bekerja secara alami untuk meredakan batuk berdahak dan mengurangi rasa sakit saat batuk.  

4. Mengonsumsi Obat Batuk 

Saat batuk berdahak terjadi terus menerus dan tidak kunjung reda, maka silakan konsumsi obat batuk. Jenis obat batuk yang cocok untuk batuk berdahak adalah yang memiliki kandungan ekspektoran. 

Ekspektoran ini dapat melonggarkan lendir atau dahak di saluran pernapasan dan membuatnya mencair. Cairan dahak tersebut akan mudah dikeluarkan saat batuk, sehingga membuatnya reda dan melegakan tenggorokan. Mengonsumsi obat batuk harus sesuai dengan petunjuk penggunaan obat atau sesuai saran dokter. 

Saat batuk berdahak terjadi, hal ini tentunya mengganggu kegiatan sehari-hari. Cara meredakan batuk di atas dapat dicoba sebagai solusi yang tepat. Jika batuk tak kunjung membaik sama sekali, maka silakan periksakan ke dokter.    

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category