Health

4 Cara Meredakan Nyeri Haid yang Aman dan Efektif

By Erwin |

Kebanyakan wanita mengeluhkan rasa nyeri saat haid datang. Rasa nyeri sering kali muncul pada hari pertama haid, tepatnya pada perut bagian bawah. Terkadang, rasa nyeri haid bisa terasa ringan, tetapi ada juga yang terasa berat. Maka dari itu, tak heran banyak wanita yang mencari cara meredakan nyeri haid.

Berdasarkan buku yang Penerapan Cuti haid Bagi Pekerja Perempuan ditulis A. Muflihah Darwis, S.KM., M.KES, dkk, (2022:1), haid merupakan proses pelepasan dinding rahim endometrium yang disertai dengan pendarahan dan terjadi secara berulang setiap bulan kecuali pada saat kehamilan.

Nyeri haid dalam dunia medis disebut dengan istilah dismenore. Dismenore muncul dengan beberapa gejala, seperti: mual, pusing, sakit punggung, diare, dan sakit kepala. Setiap gejala itu akan hilang dengan sendirinya. Namun, pada sebagian wanita gejala ini bisa bertambah parah.

Cara Meredakan Nyeri Haid

Jika sakitnya nyeri saat haid tidak tertahankan lagi, banyak wanita yang memerlukan obat untuk meredakan rasa sakitnya. Sebenarnya, selain obat-obatan, terdapat cara meredakan nyeri haid lainnya yang aman dan efektif untuk dilakukan di rumah, yakni: 

1. Kompres dengan Air Hangat

Mengompres perut dengan air hangat bisa meredakan nyeri yang dirasakan ketika haid. Rasa hangat dari kompres itu bisa mengendurkan otot perut dan meredakan kram yang terjadi.

Cara ini bisa dilakukan dengan memasukkan air hangat ke dalam botol. Selanjutnya, tempelkan botol itu ke area perut yang nyeri. Selain perut, botol bisa ditempelkan ke area punggung. Lakukan secara berulang hingga rasa nyeri berkurang.   

2. Mengendalikan Stres

Pikiran yang sedang terasa kacau akan memperparah rasa nyeri yang dirasakan ketika haid berlangsung. Untuk meredakannya, kendalikan pikiran agar terasa lebih nyaman dan tidak stres.

Mengendalikan stres dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melakukan hobi yang disukai, berbelanja, menonton film, meditasi, melakukan perawatan diri, dan melakukan kegiatan positif lainnya. 

3. Olahraga Ringan

Tak sedikit wanita yang memilih untuk berdiam diri saat merasakan nyeri haid. Padahal, untuk meredakannya, bisa dengan melakukan olahraga ringan, seperti yoga atau jalan santai. Olahraga ringan ini bisa mendorong terjadinya proses pelepasan hormon endorfin yang berfungsi sebagai penghilang rasa sakit. 

4. Mengubah Pola Makan

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri haid adalah dengan mengubah pola makan menjadi lebih teratur dengan gizi yang seimbang. Selain itu, pastikan kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi.

Konsumsilah makanan dengan kandungan banyak asam lemak omega-3. Selain itu, konsumsi juga banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian yang dapat menjaga badan tetap sehat. Itu dia cara meredakan nyeri haid yang dapat dilakukan sebagai perawatan di rumah. Nyeri haid yang muncul sesekali bukanlah suatu hal yang berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, apabila nyeri haid lebih mengganggu dan lebih sering muncul daripada biasanya, segera periksakan diri ke dokter. 


 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category