Health

4 Obat Alami Batuk Berdahak yang Efektif dan Aman untuk Dikonsumsi

By Erwin |

Batuk berdahak menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami banyak orang. Meskipun terkesan sebagai penyakit ringan, batuk berdahak dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Untuk mengatasinya, ada beberapa obat alami batuk berdahak yang dapat dikonsumsi di rumah.

Sebagai informasi, batuk berdahak  bisa bertahan selama hitungan minggu, sehingga dibutuhkan pengobatan alami yang cepat dan bisa dilakukan di rumah. Selain cepat, obat batuk alami ini juga tidak menimbulkan efek samping. 

4 Obat Alami Batuk Berdahak

Adapun beberapa obat alami batuk berdahak yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengobatan di rumah adalah sebagai berikut:

1. Jahe

Obat alami yang pertama adalah jahe. Jahe mempunyai kandungan yang bersifat antiinflamasi yang mampu meredakan batuk berdahak dan asma. Selain itu, jahe juga dapat digunakan untuk meredakan rasa nyeri dan mual.

Cara mengobati batuk berdahak dengan jahe adalah siapkan air panas dalam gelas, kemudian tambahkan 20 sampai 40 gram jahe yang telah diiris tipis atau digeprek. Diamkan beberapa menit sebelum diminum. 

2. Air Perasan Jeruk Nipis

Obat alami yang kedua untuk batuk adalah air perasan jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan menghidrasi tubuh. Perlu diketahui, paru-paru membutuhkan asupan cairan untuk mencegah pembentukan lendir.

Cara mengobati batuk berdahak dengan menggunakan perasan jeruk nipis juga cukup mudah. Cukup peras jeruk nipis dan konsumsi air perasannya secara langsung. Agar terasa lebih nikmat, silakan tambahkan kecap atau madu.

3. Kunyit

Obat alami yang ketiga adalah kunyit. Kunyit memiliki kandungan minyak atsiri, yaitu: simen, tumeron, artumeron, tannin, pati, kurkumin, dan damar. Kurkumin yang terdapat di dalam kunyit mampu membunuh kuman penyebab infeksi di saluran pernapasan.

Cara mengobati batuk berdahak dengan menggunakan kunyit adalah dengan menumbuk kunyit sampai halus. Kemudian, campurkan kunyit yang telah halus ke dalam satu gelas susu hangat. Selain itu, tumbukan kunyit juga dapat dicampurkan dengan garam, teh, dan air secukupnya. 

4. Kencur

Obat alami batuk berdahak yang selanjutnya adalah kencur. Rimpang kencur memiliki kandungan borneol, cinnamic acid ethyl-ester pentadecane, methyl-pcumaric acid, camphene, cinnamic aldehyde, dan lain-lain.

Dengan beberapa kandungan tersebut, maka kencur mampu meredakan batuk berdahak. Selain itu, kencur juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan kesehatan lainnya, seperti: nyeri haid, batuk asmatis, jerawat, bengkak, dan sakit perut saat diare.

Cara mengobati batuk berdahak dengan menggunakan kencur pun cukup mudah. Cukup tumbuk kencur hingga halus. Lalu tambahkan air hangat secukupnya. Selain itu, kencur juga dapat dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan efek pengobatan yang optimal.

Demikianlah empat obat alami batuk berdahak yang mudah ditemukan di rumah. Setelah sembuh dari batuk berdahak, jagalah kesehatan dengan menghindari makanan dengan minyak berlebih, minum air hangat yang cukup, dan istirahat yang cukup.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category