Health

4 Obat Batuk Kering yang Alami dan Terjangkau

By Erwin |

Batuk adalah penyakit yang timbul akibat adanya gangguan di sistem pernapasan, salah satu jenisnya adalah batuk kering. Terdapat beberapa obat batuk kering yang alami dan mudah didapatkan untuk mengatasi penyakit ini.

Batuk sendiri merupakan jenis infeksi saluran pernapasan bagian yang terjadi akibat adanya sekresi hidung saat sedang flu dan pilek. Nah, batuk kering adalah jenis batuk yang tidak menimbulkan dahak, tetapi dapat menimbulkan rasa gatal di tenggorokan.  

4 Obat Batuk Kering yang Alami dan Terjangkau  

Ketika batuk kering menyerang saluran pernapasan dan mengganggu produktivitas sehari-hari, sedangkan Anda tidak sempat pergi ke dokter, maka konsumsilah obat batuk kering yang alami dan mudah ditemukan. Dikutip dari repository.setiabudi.ac.id, berikut ini adalah deretan obat batuk kering yang alami dan terjangkau:

1. Lemon

Lemon adalah buah mengandung banyak vitamin C. Jadi, dengan mengonsumsi lemon, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C sehari-hari pada tubuh. 

Selain itu, lemon juga dapat dikonsumsi sebagai obat alami untuk meredakan penyakit batuk kering. Saat batuk kering menyerang saluran pernapasan, maka tenggorokan akan mengalami peradangan. Lemon dapat dikonsumsi sebagai minuman hangat untuk membantu meredakan batuk kering dan peradangan di tenggorokan. 

2. Jahe

Jahe adalah salah satu bahan alami yang dapat dijadikan sebagai obat batuk kering. Dengan kandungan yang bersifat antiinflamasi, jahe dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi peradangan akibat batuk kering.  Cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan tumbukan jahe yang sudah dibersihkan dengan air hangat secukupnya. Kemudian minum jahe hangat tersebut hingga batuk kering mereda. 

3. Madu 

Saat mengalami peradangan saluran pernapasan akibat batuk kering, sifat antiinflamasi dan antimikroba pada madu juga dapat dijadikan bahan alami untuk meredakannya. Mengonsumsi madu secara langsung dapat menyembuhkan peradangan di tenggorokan dan meredakan batuk kering. Selain dikonsumsi secara langsung, madu juga bisa dibuat menjadi minuman yang lebih nikmat dengan mencampurkan  berbagai bahan alami pereda batuk kering lainnya, seperti lemon dan jahe. 

4. Sari Kayu Manis

Sari kayu manis terdapat dalam kandungan daun kering kayu manis. Sari kayu manis sendiri sudah lama dikenal sebagai obat tradisional yang memiliki sifat ekspektoran alami untuk meredakan batuk kering. 

Selain sebagai obat batuk kering, ramuan sari kayu manis juga dapat membantu meredakan gangguan lainnya di saluran pernapasan. Caranya juga sangat mudah, yaitu cukup seduh daun kering kayu manis dengan air panas agar sarinya keluar. Kemudian, konsumsi secara berkala hingga batuk kering benar-benar reda sepenuhnya. 

Beberapa obat batuk kering dari bahan alami di atas dapat dikonsumsi saat saluran pernapasan terganggu akibat batuk. Selain mudah dijangkau, cara mengolahnya pun sangat mudah dan aman.  

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category