Health

4 Obat Biduran Alami yang Paling Ampuh dan Mudah Ditemukan

By Erwin |

Biduran atau sering dikenal dengan nama urtikaria dalam dunia kesehatan adalah sebuah kondisi di mana muncul benjolan ruam kemerahan di tubuh yang disertai rasa gatal. Biduran dapat disembuhkan tanpa obat, yaitu dengan obat biduran alami yang bisa ditemukan dengan mudah.

Mengutip dari situs resmi klinika.farmasi.ugm.ac.id, salah satu penyebab dari biduran pada umumnya adalah karena alergi. Ukuran dan bentuk bentol yang disebabkan oleh biduran pun berbeda. Selain itu, ruam merah di biduran juga menimbulkan rasa gatal. 

Kondisi biduran tentunya membuat diri merasa tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitas. Selain gatal, terkadang kondisi ini juga bisa menimbulkan rasa perih atau menyengat, sehingga mengurangi kenyamanan dalam beraktivitas. Maka dari itu, biduran di kulit harus segera diatasi.    

4 Obat Biduran Alami

Terdapat beberapa obat biduran alami yang bisa digunakan untuk mengatasi biduran ringan. Bahan-bahan alami yang digunakan sebagai obat biduran bisa didapatkan di rumah. Berikut adalah beberapa cara mengatasi biduran dengan bahan-bahan alami tanpa obat:

1. Kompres Es Batu

Kulit biduran sangat rentan dengan iritasi. Oleh karena itu, hindari mengompres kulit biduran dengan sesuatu yang panas atau air hangat, karena hal itu dapat berisiko menambah rasa gatal dan menyebabkan iritasi di kulit.  

Nah, es batu adalah bahan yang cocok untuk mengompres kulit yang sedang mengalami biduran. Caranya adalah dengan membalut es batu dengan kain bersih. Lalu tempelkan di kulit yang biduran agar rasa gatal bisa berkurang. Perlu diingat untuk menghindari menempelkan es batu secara langsung di permukaan kulit, karena dapat menyebabkan iritasi. 

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan bisa melembabkan kulit, sehingga cukup efektif untuk mengatasi masalah biduran. Untuk menggunakannya sebagai obat biduran, oleskan minyak kelapa secukupnya di area kulit yang terasa gatal dan bengkak. 

3. Lidah Buaya

Obat biduran alami yang selanjutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan senyawa yang bersifat antiinflamasi untuk mengatasi kulit biduran. Untuk menggunakannya sebagai obat biduran, oleskan secara langsung daging lidah buaya di permukaan kulit yang sedang biduran. 

4. Oatmeal 

Perlu diketahui bahwa biji-bijian dapat meringankan rasa gatal yang diakibatkan oleh biduran. Salah satunya adalah oatmeal. Kandungannya yang bersifat antiinflamasi sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal.   

Cara menggunakannya adalah dengan menjadikan oatmeal sebagai masker tubuh saat mandi. Usapkan oatmeal yang telah dicampur dengan air ke bagian tubuh yang menderita biduran secara perlahan. Lalu bilas dengan air dingin, agar rasa gatal tidak datang kembali. 

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa obat biduran alami yang bisa digunakan dengan aman dan praktis. Sebaiknya lakukan salah satu cara di atas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category