Health

4 Obat Penurun Darah Tinggi Alami Paling Cepat

By Erwin |

Mengelola tekanan darah tinggi biasanya memerlukan campuran obat dan diet sehat. Namun, beberapa obat penurun darah tinggi alami paling cepat, seperti: bawang putih, kemangi, dan obat herbal lainnya, juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan efektif.   

Penyakit darah tinggi atau hipertensi sendiri adalah kondisi medis di mana tekanan darah di dalam arteri meningkat dengan signifikan. Tekanan darah yang tinggi ini memiliki sejumlah risiko dan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius. 

4 Obat Penurun Darah Tinggi Alami Paling Cepat 

Mengutip situs healthline.com, berikut adalah beberapa obat penurun darah tinggi alami paling cepat dan ampuh untuk para pengidap hipertensi: 

1. Kemangi

Kemangi (Ocimum basilicum) adalah ramuan beraroma yang hadir dalam berbagai bentuk. Kemangi ini sangat populer dalam pengobatan alternatif karena memang kaya akan berbagai senyawa kuat.

Selain itu, kemangi juga mengandung eugenol yang tinggi. Eugenol tersebut dapat membantu untuk mengurangi tekanan darah yang bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami. Dengan begitu, kemangi dapat diandalkan untuk mencegah pergerakan kalsium ke dalam jantung dan sel-sel arteri, sehingga memungkinkan pembuluh darah untuk rileks.

2. Biji Seledri

Rempah serbaguna dengan nama Latin Apium graveolens ini mengandung berbagai nutrisi, seperti: kalsium, zat besi, serat, dan magnesium. Beberapa penelitian menemukan bahwa biji ini mampu menurunkan tekanan darah. 

3. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu obat alami untuk hipertensi, karena kaya akan senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Bawang putih juga mengandung senyawa sulfur, seperti allicin, yang dapat membantu untuk meningkatkan aliran darah dan mengendurkan pembuluh darah. 

Sebuah tinjauan terhadap 12 penelitian pada lebih dari 550 orang dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik dengan rata-rata 8,3 mmHg dan 5,5 mmHg.

Sebuah penelitian selama 24 minggu pada 30 orang menemukan bahwa 600-1.500 mg ekstrak bawang putih sama efektifnya untuk menurunkan tekanan darah dengan obat Atenolol.

4. Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu rempah aromatik yang berasal dari kulit bagian dalam pohon Cinnamomum. Kayu manis ini telah digunakan oleh banyak orang selama berabad-abad sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati kondisi jantung dan tekanan darah tinggi.

Meski tidak sepenuhnya dipahami bagaimana kayu manis dapat menurunkan tekanan darah, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu melebarkan dan mengendurkan pembuluh darah, yang akhirnya berdampak pada penurunan tekanan darah. 

Sebuah tinjauan terhadap 9 penelitian yang melibatkan 641 partisipan menunjukkan bahwa mengonsumsi kayu manis dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing rata-rata 6,2 mmHg dan 3,9 mmHg.

Itulah beberapa obat penurun darah tinggi alami paling cepat dan ampuh. Namun, jika sudah mencoba dengan beberapa pengobatan alami seperti di atas, tetapi tak kunjung membaik, segeralah periksakan diri ke dokter.  

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category