Health

4 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya

By Erwin |

Sakit kepala sebelah kiri adalah kondisi yang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Jika terasa seperti itu, ada baiknya Anda mengenali penyebabnya agar bisa mengatasi sakit kepala tersebut dengan benar dan bisa segera pulih.

Sakit kepala sendiri merupakan salah satu penyakit umum yang sering dirasakan oleh banyak orang, sebagaimana dikutip dari buku 50 Rahasia Alami Mengobati Sakit Kepala, Raje Airey, (2005:6). Setidaknya sekitar 90% orang pernah mengalami sakit kepala dalam hidup.

4 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri  

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan sakit kepala di bagian sebelah kiri. Dengan mengetahui penyebabnya, maka penanganan yang tepat bisa dilakukan. Berikut adalah empat penyebab sakit kepala sebelah kiri:

1. Tegang di Otot Leher dan Bahu

Ketegangan otot di leher dan bahu dapat menyebabkan sakit kepala sebelah kiri. Hal ini bisa diakibatkan oleh postur tubuh yang buruk, kelelahan, cedera otot, atau kebiasaan buruk lain seperti mengangkat beban berat dengan cara yang salah, sehingga menyebabkan otot-otot tersebut menjadi tegang.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur dan istirahat bisa menjadi penyebab terjadinya sakit kepala di bagian kiri. Kurang tidur bisa membuat ritme tubuh terganggu sehingga mengakibatkan kesehatan yang buruk seperti sakit kepala. Karena itu, beristirahat yang cukup dengan tidur minimal 8 hingga 9 jam sehari sangat diperlukan agar terhindar dari sakit kepala, terutama sakit kepala di bagian kiri.

3. Sinusitis

Infeksi sinus atau sinusitis adalah kondisi di mana sinus di sekitar hidung dan wajah mengalami peradangan. Sakit kepala yang terjadi di sisi kepala sebelah kiri dapat menjadi gejala sinusitis jika infeksi terjadi di sinus sebelah kiri. Gejala sinusitis juga dapat meliputi hidung tersumbat atau berair, nyeri wajah, tekanan di daerah sinus, dan demam. Sinusitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, alergi, atau polip hidung.

4. Pola Hidup yang Tidak Sehat

Salah satu penyebab umum terjadinya sakit kepala adalah pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup yang tidak sehat ini misalnya, mengonsumsi minuman keras secara berlebihan dan makan tidak teratur, hingga stres berat. Hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan seseorang dan mengakibatkan sakit kepala di bagian kiri.  

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan sakit kepala di bagian kiri, maka cara mengatasinya juga tidak kalah penting untuk diketahui. Inilah cara mengatasi sakit kepala di sebelah kiri:   

  1. Beristirahat yang cukup.
  2. Mengompres bagian yang sakit dengan air hangat atau dingin jika penyebabnya adalah karena tegang otot.
  3. Mengonsumsi obat untuk mengurangi rasa sakit.
  4. Berolahraga ringan.
  5. Mengonsumsi makanan yang bergizi.
  6. Mengatur pola hidup dengan baik.

Itu dia beberapa penyebab sakit kepala sebelah kiri dan cara mengatasinya yang penting untuk diketahui. Perlu diingat bahwa diagnosis yang akurat diperlukan untuk mengatasi sakit kepala tersebut. Jika Anda mengalami sakit kepala yang tidak kunjung sembuh, segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category