Health

5 Cara Memutihkan Gigi secara Alami dengan Bahan Sederhana

By Erwin |

Cara memutihkan gigi secara alami merupakan cara yang dicari banyak orang. Ini karena gigi yang bersih dan putih tidak hanya mencerminkan kesehatan mulut, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Maka dari itu, gigi kuning sering menjadi masalah yang mengganggu. 

Gigi kuning biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti konsumsi minuman berwarna, merokok, dan kurangnya perawatan mulut yang baik. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara alami dan mudah yang dapat membantu memutihkan gigi dan mengembalikan senyum cerah Anda. 

Cara Memutihkan Gigi secara Alami di Rumah 

Cara memutihkan gigi secara alami dapat dilakukan dengan mengandalkan bahan-bahan sederhana yang mungkin sudah ada di dapur Anda. Metode ini tidak hanya efektif tetapi juga lebih aman untuk digunakan karena sangat minim efek samping yang merugikan. Inilah beberapa di antaranya: 

1. Menggosok Gigi dengan Baking Soda

Baking soda adalah bahan yang memiliki sifat abrasif lembut, sehingga dapat membantu menghilangkan noda dan plak di gigi. Anda dapat mencampurkan sedikit baking soda dengan pasta gigi biasa untuk menyikat gigi. Pastikan untuk melakukannya dengan lembut, karena penggunaan berlebihan atau gesekan yang terlalu keras dapat merusak enamel gigi.

2. Berkumur dengan Minyak nabati (Oil Pulling)

Metode oil pulling merupakan kegiatan berkumur dengan minyak nabati, seperti minyak kelapa sekitar 15-20 menit setiap hari. Cara ini dapat mengurangi bakteri di mulut dan menjaga kebersihan gigi. Namun, perlu diingat bahwa ini bukan pengganti sikat gigi, tetapi bisa menjadi tambahan untuk rutinitas perawatan gigi harian Anda.

3. Berhenti Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab utama mengalami perubahan warna dan menjadi kuning. Berhenti merokok adalah langkah penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut di gigi dan meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan. 

4. Menyikat Gigi dengan Bubuk Kunyit

Kunyit adalah bahan yang memiliki sifat pemutih alami. Anda dapat membuat bubuk kunyit dengan mengeringkan kunyit segar dan menggunakannya sebagai pasta gigi alami. Caranya adalah dengan menaburkan bubuk kunyit basah di sikat gigi Anda. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan kunyit yang berlebihan justru dapat meninggalkan warna kuning di gigi. Jadi, gunakan dengan bijak dan tidak terlalu sering, cukup seminggu sekali. 

5. Menggunakan Arang Aktif

Arang aktif adalah bahan yang dapat membantu menghilangkan noda di gigi. Anda bisa mencampurkan sedikit arang aktif dengan pasta gigi atau menggunakan produk pasta gigi yang mengandung arang aktif. Namun, penggunaan arang aktif secara berlebihan bisa merusak enamel gigi. Jadi, cukup lakukan cara ini seminggu sekali.   

Ketekunan dan konsistensi dalam menerapkan cara-cara di atas akan membantu Anda mencapai senyum yang cerah dan sehat tanpa perlu khawatir tentang efek samping dari bahan kimia. Jadi, mulailah menerapkan cara memutihkan gigi secara alami di atas dan nikmati hasilnya dengan kepercayaan diri yang meningkat.  

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category