Health

5 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik secara Alami

By Erwin |

Minum obat menjadi perawatan asam lambung yang paling standar, tetapi ada beberapa cara mengatasi asam lambung naik secara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan asam lambung. Asam lambung sendiri adalah suatu kondisi di mana zat asam di dalam lambung naik ke kerongkongan. Saat asam lambung naik, seseorang akan merasakan gejala, seperti: rasa panas di dada, mual, rasa pahit di lidah, dan bersendawa.  

Jika kondisi ini terjadi lebih dari dua kali seminggu, maka dapat diindikasikan sebagai GERD (gastroesophageal reflux disease)

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik secara Alami

Ada berbagai cara mengatasi asam lambung naik secara alami yang dapat dilakukan di rumah. Cara ini dipercaya efektif untuk mengatasi gejala yang disebabkan oleh penyakit asam lambung dan cukup mudah dipraktikkan sendiri di rumah. 

1. Makan dengan Porsi Sedikit tetapi Sering

Salah satu penyebab asam lambung naik yang jarang disadari adalah mengonsumsi makanan dengan porsi berlebihan. Oleh sebab itu, jika maag sedang kambuh, penderita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit tetapi sering. 

Selain memperhatikan porsi makan, penderita asam lambung juga perlu membatasi jenis makanan tertentu untuk mencegah timbulnya gejala asam lambung naik, seperti: cokelat, bawang-bawangan, makanan asam, dan sayuran yang sulit dicerna seperti kubis.

2. Minum Air Putih yang Cukup

Selanjutnya, minum air putih yang cukup. Ini karena dehidrasi atau kekurangan cairan dapat memperburuk kondisi seseorang yang sedang mengalami mual akibat asam lambung naik.

Selain itu, minum air putih yang cukup juga mampu menetralkan kadar asam dalam lambung sehingga mampu meredakan gejala asam lambung. 

3. Mengonsumsi Jahe

Jahe memiliki sifat antiradang yang secara alami dapat mengatasi heartburn. Selain itu, jahe juga dapat mengatasi masalah pencernaan lain, seperti perut kembung dan mual.

Untuk mengobati asam lambung, olah jahe menjadi minuman hangat. Selain mengonsumsi jahe mentah untuk dijadikan minuman hangat, juga bisa mengonsumsi berbagai minuman jahe siap saji secara langsung. 

4. Hindari Minuman Bersoda

Salah satu musuh utama penderita asam lambung adalah minuman bersoda. Sebab, gas karbondioksida di dalam soda dapat menyebabkan seseorang lebih sering bersendawa. Hal tersebut bisa meningkatkan kadar asam yang keluar dari kerongkongan. 

5. Konsumsi Licorice  

Licorice atau yang disebut juga akar manis dapat digunakan untuk meredakan atau meringankan gejala asam lambung dan batuk. Ini karena licorice bisa meningkatkan produksi mukus yang mampu melindungi lambung dan esofagus.  

Tak hanya itu, kandungan yang ada di dalam licorice bersifat antiradang dan antioksidan, sehingga bisa mengurangi pembengkakan, peradangan, dan luka di lambung maupun kerongkongan akibat peningkatan asam lambung.

Silakan lakukan berbagai cara mengatasi asam lambung naik tadi untuk menjaga kesehatan lambung Anda.   

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category