Health

5 Cara Mengempeskan Mata Bengkak, Efektif Bisa Dilakukan di Rumah

Tidak banyak orang yang mengetahui, ada cara mengempeskan mata bengkak yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara ini bahkan cukup efektif untuk mengurangi efek bengkak pada mata. Selain itu, bisa membantu agar bengkak pada mata lebih cepat menghilang. 

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan mata menjadi bengkak. Mulai dari kemasukan debu, kotor, pemakaian lensa kotak atau kacamata yang kurang tepat, alergi, dan sebagainya. Mata juga bisa bengkak akibat terlalu lama menangis atau mengucek mata. 

Jika mata tiba-tiba menjadi bengkak, jangan panik terlebih dahulu. Lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengempeskan dan mengurangi bengkak yang ada pada mata sebelum membawanya ke dokter untuk pemeriksaan yang lebih lanjut. 

1. Kompres Mata dengan Air Hangat 

Cara mengempeskan mata bengkak pertama adalah dengan mengompres mata dengan air hangat. Suhu hangat dapat secara efektif melancarkan peredaran darah di bagian mata. Hal ini dapat mengurangi sumbatan yang terjadi di area mata yang menjadi penyebab bengkaknya mata. 

Kompres air hangat itu sangat efektif untuk mata bengkak karena adanya penyumbatan kelenjar minyak pada saluran air mata. Seperti bintitan, rada pada kelopak mata, atau adanya infeksi kuman atau virus pada bagian mata. 

Tinggal rendam kain halus pada air hangat, kemudian peras kain halus tersebut. Tempelkan pada area mata yang bengkak selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali sampai keadaan mata menjadi membaik. 

2. Kompres Mata dengan Air Dingin 

Selain dengan air hangat, kompres air dingin juga efektif untuk mengempeskan mata yang bengkak. Khususnya, untuk mata bengkak yang disebabkan karena kelelahan mata yang membuat banyak darah dan cairan menumpuk pada bagian kelopak mata. 

Kompres dingin dapat membuat otot di sekitar selaput mata menjadi lebih rileks. Tidak hanya mengurangi bengkak. Kompres dingin juga memiliki fungsi untuk mengurasi rasa gatal pada bagian yang dikompres. 

Hal ini membuat kompres dingin sangat efektif untuk mengatasi bengkak karena alergi tertentu. Cara mengompresnya sama seperti dengan kompres air hangat. Cukup masukan kain halus ke air dingin dan kompres mata beberapa kali dengan kain. 

3. Gunakan Obat Tetes Mata 

Mata bengkak karena alergi atau kondisi medis tertentu, tentu saja harus segera mendapatkan pengobatan. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan obat tetes mata yang mengandung antihistamin. Terlebih jika memang, ada kondisi alergi yang khusus. 

Penggunaan obat mata juga ideal untuk mata yang bengkak akibat iritasi debu atau lingkungan. Karena bisa membersihkan bagian dalam mata dan mengurangi bengkak. 

4. Tidak Menggunakan Aksesoris pada Mata Terlebih Dahulu 

Ketika mata sedang bengkak hindarilah penggunaan aksesoris atau make up pada mata. Seperti lensa mata, kacamata, produk skincare, eyeliner, eyeshadow, dan berbagai produk lainnya yang digunakan berdekatan dengan mata. 

Penting juga untuk menjaga area mata agar tetap bersih agar tidak memperparah pembengkakan. Hal ini bisa membantu mengurangi infeksi dan bengkak pada mata. 

5. Jaga Posisi Ketika Tidur 

Posisi ketika tidur juga bisa membantu mengempiskan bengkak pada mata. Ketika tidur, pastikan posisi badan selalu lebih rendah daripada kepala. Jadi mengurangi risiko penumpukan cairan. 

Itulah berbagai cara mengempiskan mata bengkak, semua cara di atas bisa dilakukan sendiri di rumah. Cukup efektif sebagai langkah awal untuk mengurangi bengkak pada mata.