Health

Ampuh! 5 Cara Menghilangkan Milia Tanpa Efek Samping

Siapa yang tak ingin tampil sempurna di hadapan banyak orang? Melakukan perawatan pada wajah bisa menjadi salah satu cara untuk bisa tampil sempurna. Namun terkadang ada saja masalah diwajah yang membuat kita tampil kurang percaya diri, seperti jerawat, komedo, atau milia.

Milia 

Milia ialah istilah untuk benjolan kecil yang memiliki putih mirip jerawat batu atau komedo yang biasanya muncul di bagian wajah, misalnya di area pipi, hidung, dan di bawah mata. Nah, Milia juga muncul di bayi yang baru saja dilahirkan, namun belum diketahui faktor apa yang mempengaruhi hal ini. 

Milia sebenarnya tidak berbahaya serta bisa hilang dengan sendirinya tanpa harus diobati. Namun meski begitu, ada beberapa kasus yang membuat milia membutuhkan penanganan. Selain itu milia dianggap mengganggu bagi orang yang mengalaminya. Sehingga banyak orang mencari cara menghilangkan milia di wajah.

Penyebab Milia

Milia berasal dari penumpukan sel kulit mati yang bercampur dengan sebum, hingga akhirnya membentuk keratin. Keratin adalah sel kulit mati yang terdapat pada jaringan kulit, rambut, dan juga sel pada kuku.

Selain karena faktor tersebut, ada penyebab lain dari milia yang berkaitan dengan kerusakan kulit, diantaranya adalah:

  1. Akibat luka bakar
  2. Akibat luka lepuh karena penyakit tertentu dan atau karena paparan tanaman beracun
  3. Akibat penggunaan krim kortikosteroid dalam jangka waktu yang panjang
  4. Akibat terkena paparan sinar matahari dalam waktu yang lama
  5. Akibat perawatan kulit dengan prosedur tertentu

Cara Menghilangkan Milia secara Alami

Bagi anda yang menderita milia, tentu ingin menghilangkan milia dari wajah anda. Berikut ini adalah cara menghilangkan milia secara alami agar lebih aman.

1. Menggunakan sabun yang lembut

Untuk bisa menghilangkan milia, anda perlu menggunakan produk pendukung untuk membersihkan wajah. Gunakanlah sabun yang lembut dan tidak memberikan sensasi kering pada wajah untuk merawat milia.

2. Membuka pori-pori dengan uap hangat

Setelah kulit dibersihkan, cobalah untuk menghilangkan biang penyumbat kulit dengan cara membuka pori-pori wajah dengan menggunakan uap hangat. Uapi wajah dengan uap jangan dan Lakukanlah selama lima sampai delapan menit, setelah itu tepuk-tepuk wajah hingga mengering. Uap hangat dapat membuka pori-pori kulit dan melepaskan sel kulit mati.

3. Menggunakan produk yang mengandung air mawar atau menggunakan madu manuka

Banyak orang mempercayai bahwa menggunakan masker air mawar dan juga madu manuka dapat untuk mengatasi milia. Hal ini terjadi karena air mawar dan madu manuka memiliki kandungan yang memiliki sifat  anti radang, yang mampu mengatasi  iritasi.

4. Eksfoliasi secara teratur

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, sekitar 1-2 kali seminggu. Jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi pada wajah karena dapat menyebabkan kulit iritasi dan kering. Untuk hasil maksimal, anda bisa menggunakan produk kecantikan yang mengandung asam sitrat, asam salisilat, atau asam glikolat.

5. Selalu menggunakan tabir surya

Pastikan anda menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 30 setiap hari.