Health

5 Cara Menjaga Diri dari Polusi Udara demi Kesehatan

By Erwin |

Buruknya kualitas udara di perkotaan membuat setiap orang harus mewaspadai polusi yang mencemari udara dan bisa memperburuk kesehatan. Oleh karena itu, dibutuhkan cara menjaga diri dari polusi. Polusi udara tidak hanya berpengaruh pada penglihatan, tetapi juga berdampak pada sederet organ lain di tubuh, seperti paru-paru dan kulit. 

Polusi berdampak buruk terhadap kesehatan saluran pernapasan, karena dapat mengakibatkan berbagai gangguan pernapasan, di antaranya: batuk, flu berat, nyeri di tenggorokan hingga menyebabkan kesulitan untuk menelan makanan, hingga sesak napas. 

5 Cara Menjaga Diri dari Polusi Udara

Pencemaran udara terus menjadi masalah lingkungan yang marak dibicarakan akhir-akhir ini. Agar tidak terdampak dari pencemaran tersebut, lakukan beberapa cara menjaga diri dari polusi udara berikut ini:  

1. Kenakan Masker

Mengenakan masker merupakan cara efektif untuk melindungi diri dari partikel-partikel berbahaya yang dibawa polutan. Pilihlah jenis masker yang bisa menyaring partikel kecil semacam debu dan polutan udara lainnya serta sesuai anjuran standar dari Kementerian Kesehatan, yaitu masker N95.

2. Hindari Keluar Rumah pada Jam Padat 

Jika perlu bepergian, maka sebisa mungkin, pilihlah waktu yang senggang. Jangan keluar pada jam padat sebab akan terjadi kemacetan yang meningkatkan kadar polusi udara. Tingkat polusi udara yang tertinggi biasanya terjadi pada siang dan sore hari.  

3. Jaga Asupan Gizi Seimbang 

Cara melindungi kesehatan diri dari polusi yang selanjutnya adalah dengan menjaga asupan gizi. Untuk menjaga tubuh dari polusi, konsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah-buahan. Menjaga asupan dengan makanan bernutrisi ini dapat membantu tubuh untuk tetap sehat di tengah terjangan polusi udara, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit.    

4. Hindari Pembakaran Sampah

Kegiatan membakar sampah di pekarangan rumah dapat menghasilkan asap yang berpeluang untuk menyumbang polutan udara. Ini sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru dan bagian lainnya di saluran pernapasan, karena mengandung karbon dioksida, karbon monoksida, dan hidrokarbon yang bersifat toksik.

5. Lekas Mandi usai Beraktivitas di Luar Rumah 

Polusi udara tidak hanya berdampak pada kesehatan saluran pernapasan, tetapi juga kulit. Untuk melindungi kulit dari polusi dan partikel debu, sebaiknya lekas mandi usai beraktivitas di luar rumah, terlebih jika menghirup udara yang buruk dalam waktu yang cukup lama. 

Saat mandi, pastikan membasuh seluruh tubuh dengan air bersih dan gunakan sabun antiseptik yang bisa kuman secara menyeluruh.  

Buruknya kualitas udara akhir-akhir ini memang sangat memprihatinkan. Kualitas udara yang buruk terjadi karena adanya polusi yang mencemari. Polusi ini berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk saluran pernapasan dan kulit. Oleh karena itu, terapkan sejumlah cara menjaga diri dari polusi udara di atas agar bisa tetap sehat dan tidak mudah sakit di tengah terjangan polusi udara saat ini. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category