Health

5 Ciri-Ciri Kanker Payudara, Wanita Wajib Tahu!

By Erwin |

Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit kanker yang paling umum terjadi pada wanita. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri kanker payudara agar bisa berhati-hati dan mengenali gejalanya sejak dini. Kanker payudara sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya sel kanker di area payudara, sebagaimana dikutip dari buku Hijama ODT, Azib Susiyanto, Sy, (2020:310). 

5 Ciri-Ciri Kanker Payudara, Wanita Wajib Tahu!

Walaupun pria juga bisa terjangkit penyakit ini, tetapi wanita memiliki risiko yang lebih tinggi. Mengetahui ciri-ciri dari kanker payudara dapat membantu Anda untuk mendeteksinya sejak dini dan menanganinya dengan tepat. Berikut ini adalah lima ciri-ciri kanker payudara yang perlu diwaspadai: 

1. Benjolan atau Pembengkakan di Area Payudara

Salah satu ciri utama kanker payudara adalah adanya benjolan atau pembengkakan yang tidak normal pada payudara. Benjolan tersebut biasanya keras, tidak bergerak, dan dapat terasa sakit atau tidak sakit. 

Namun, tidak semua benjolan pada payudara adalah tanda kanker, bisa juga merupakan jaringan jinak, seperti kista atau tumor. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa benjolan tersebut dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

2. Benjolan di Ketiak

Selain benjolan di area payudara, munculnya benjolan di area ketiak juga merupakan ciri kanker payudara yang cukup umum. Jika Anda merasakan benjolan atau pembengkakan yang mencurigakan di area ketiak, sebaiknya segera temui dokter untuk evaluasi lebih lanjut agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

3. Perubahan Bentuk atau Ukuran Payudara

Perubahan bentuk atau ukuran payudara juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri kanker payudara. Payudara yang mengalami kanker dapat mengalami penebalan atau pengerutan hingga perubahan warna pada kulit. Jika terjadi perubahan yang mencurigakan pada penampilan payudara, maka penting untuk segera memeriksakannya ke dokter.

4. Perubahan Kulit Payudara

Selain bentuk dan ukuran, perubahan kulit pada payudara juga bisa menjadi pertanda kanker. Kulit payudara yang terlihat seperti jeruk, kemerahan, mengkerut, atau mengelupas adalah ciri yang perlu diwaspadai. Terkadang dapat juga muncul lecet atau luka yang sulit sembuh di area payudara. Jika ada perubahan yang mencurigakan pada kulit payudara, segera konsultasikan ke dokter.  

5. Adanya Cairan dari Puting Susu

Ciri-ciri kanker payudara berikutnya adalah cairan yang keluar dari puting susu. Cairan tersebut bisa berwarna putih, kuning, atau bahkan mengandung darah. Meskipun sebagian cairan yang keluar dari payudara bersifat normal, tetapi jika ada perubahan warna, konsistensi, atau bau, maka segera periksakan ke  dokter.

Penting untuk diingat bahwa ciri-ciri kanker payudara di atas tidak selalu menunjukkan keberadaan kanker payudara, tetapi bisa menjadi petunjuk untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Semakin dini kanker payudara terdeteksi, semakin besar peluang untuk bisa sembuh. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category