Health

5 Jenis Penyebab Gatal pada Kulit

By Natural Farm |

Penyebab gatal pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Agar bisa mengetahui jenis pengobatan yang tepat maka ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Kulit yang gatal memang umum terjadi. Akan tetapi, jika dibiarkan dan tidak di cari tahu penyebabnya bisa jadi sulit untuk sembuh.

Berikut ini adalah berbagai penyebab gatal pada kulit:

1. Penyakit Kulit

Ada berbagai jenis penyakit kulit yang menjadi penyebab terjadinya rasa gatal. Adapun penyakit-penyakit tersebut adalah eksim, biduran, cacar, kudis, infeksi jamur, prurigo, psoriasis, folikulitis, dan lain sebagainya. Rasa gatal yang disebabkan oleh penyakit-penyakit tersebut bisa terjadi hanya pada bagian tubuh tertentu saja atau bahkan bisa terjadi di seluruh tubuh.

Penyakit ini juga tidak hanya menimbulkan rasa gatal saja, akan tetapi dapat memicu timbulnya gejala lain. Contoh gejala lain yang umum terjadi adalah iritasi pada kulit atau bintik-bintik merah pada kulit. Penyakit ini harus segera disembuhkan agar kulit tidak terus merasa gatal.

2. Kulit yang Kering

Penyebab gatal pada kulit tangan dan bagian tubuh lainnya bisa juga disebabkan oleh kulit yang kering. Pemilik kulit kering sering merasa gatal pada bagian kulit mana saja yang sedang kering. Kulit kering disebabkan karena kulit kekurangan minyak alami yang berfungsi untuk menjaga kelembabannya.

Selain itu, kulit yang kering juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya seperti misalnya penggunaan sabun atau perawatan kulit lain yang berbahan keras, terlalu sering mandi dalam waktu yang lama, mandi dengan air panas, udara yang kering, atau sering terpapar AC.

Tak hanya itu saja, kulit kering juga bisa disebabkan oleh suatu penyakit tertentu. Penyakit yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering diantaranya adalah eksim dan dermatitis. Ketika kulit sedang kering maka akan mengalami rasa gatal yang berlebih.

3. Gangguan Saraf

Penyebab gatal pada kulit kaki dan tubuh bisa juga disebabkan oleh faktor adanya kemungkinan gangguan pada saraf. Adapun berbagai penyakit saraf yang bisa menyebabkan gatal adalah herpes zoster, neuropati, neurodermatitis, dan sclerosis. Selain itu, komplikasi diabetes juga bisa menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal.

4. Penyakit Sistemik

Organ tubuh juga bisa mengalami sakit yang menyebabkan terjadinya penyakit sistemik tertentu. Ketika seseorang mengalami penyakit ini maka bisa berpotensi mengalami kulit gatal. Adapun penyakit yang berpotensi untuk menyebabkan kulit gatal adalah hepatitis, sirosis, gangguan aliran empedu, celiac, anemia, gagal ginjal, gangguan tiroid, diabetes, kanker, dan autoimun.

5. Alergi

Penyebab gatal pada kulit yang terakhir adalah alergi. Apakah Anda mempunyai alergi pada debu, udara, atau makanan tertentu? Salah satu tandanya adalah kulit mengalami gatal-gatal ketika kulit bersentuhan atau ketika Anda sudah memakan makanan tersebut.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category