Health

5 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh

By Erwin |

Air kelapa muda memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Manfaat air kelapa muda hyang paling populer adalah bisa menyegarkan tubuh di saat cuaca panas. Selain itu, air kelapa juga bisa menambah elektrolit dan mineral di dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel tubuh. 

Kandungan utama dari air kepala muda adalah elektrolit, mineral, dan vitamin. Berikut adalah komposisi gizi di dalam air kelapa:

  • Kalsium 15 miligram
  • Karbohidrat 3,8 gram
  • Kalium 149 miligram
  • Lemak 0,1 gram
  • Energi 17 kalori
  • Fosfor 8 miligram
  • Natrium 1 miligram
  • Protein 0,2 gram
  • Besi 0,2 miligram

5 Manfaat Air Kelapa Muda 

Ada banyak manfaat air kelapa untuk kesehatan. Namun, ini hanya berlaku untuk air kelapa alami tanpa tambahan bahan lain, seperti gula maupun pengawet. Berikut adalah berbagai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh: 

1. Mengontrol tekanan darah

Air kelapa muda bisa membantu menurunkan risiko terbentuknya gumpalan darah di pembuluh darah, sehingga bisa mengurangi risiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke.  

2. Mengatasi diabetes

Air kelapa juga memiliki manfaat untuk mengatasi diabetes, karena mengandung elektrolit, seperti: magnesium, natrium, zat besi, vitamin C, dan kalsium yang tinggi. Berbagai kandungan ini bisa mencegah glukosa dalam darah, sehingga dapat mengatasi diabetes. 

3. Membantu fungsi organ tubuh

Air kelapa merupakan sumber utama arginine, yakni asam amino yang dapat mengatasi stres pada tubuh ketika berolahraga. Asam amino ini bisa membantu pembentukan protein, sehingga bermanfaat untuk regenerasi sel-sel organ tubuh manusia. Selain itu, air kelapa juga mengandung enzim yang dapat membantu sistem metabolisme tubuh dan pencernaan.    

4. Mengganti cairan tubuh yang hilang setelah olahraga

Selanjutnya, air kelapa juga bisa dijadikan sebagai pengganti minuman isotonik alami yang kaya manfaat, terutama ketika sedang dehidrasi. Dengan demikian, tubuh tidak akan kehilangan banyak cairan sekalipun telah berolahraga dengan sangat aktif. Jadi, sebaiknya minumlah air kelapa dalam jumlah yang banyak. Air kelapa diproses secara alami, sehingga lebih sehat dibandingkan dengan minuman kemasan yang diformulasi. 

5. Mengatasi masalah pencernaan tubuh

Air kelapa muda juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti: diare, sembelit, keracunan makanan, liver, kantong empedu, radang usus buntu, gangguan usus, wasir, dan dan lain-lain. Hal ini terjadi karena air kelapa muda juga memiliki kandungan asam amino, mineral, enzim, dan asam lemak, yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan. 

Demikian berbagai manfaat air kelapa muda untuk kesehatan tubuh. Sangat disarankan untuk mengonsumsi air kelapa muda secara alami tanpa tambahan gula dan pengawet. Dengan begitu, ada banyak manfaatnya yang bisa dirasakan secara optimal oleh tubuh. Meski demikian, konsumsilah air kelapa muda dengan bijak, jangan terlalu banyak, karena dapat menyebabkan efek samping tertentu.  

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category