Health

5 Obat Alami Sakit Tenggorokan yang Bisa Dibuat di Rumah

By Erwin |

Sakit tenggorokan sering mengganggu aktivitas sehari-hari karena menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi penderitanya. Tak perlu khawatir, karena terdapat berbagai obat alami sakit tenggorokan yang dapat dibuat sendiri di rumah.  

Sakit tenggorokan ini dapat disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya karena radang tenggorokan. Radang tenggorokan bisa terjadi pada siapa saja ketika keadaan cuaca sedang tidak menentu. Rasa sakit pada tenggorokan dapat menjadi tanda bahwa kondisi kekebalan tubuh sedang menurun. 

5 Obat Alami Sakit Tenggorokan

Ketahui kumpulan obat alami sakit tenggorokan yang bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan di rumah melalui ulasan di bawah ini.

1. Air Garam

Obat alami untuk sakit tenggorokan pertama yang mudah dibuat di rumah adalah air garam. Berkumur dengan air garam mampu mencegah terjadinya infeksi pada saluran pernapasan bagian atas dan mampu membersihkan tenggorokan dari dahak.

Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan satu gelas air hangat dan satu sendok teh garam. Kemudian, aduk sampai tercampur rata. Setelah itu, gunakan cairan tersebut untuk berkumur dengan posisi kepala menengadah. Lalu muntahkan cairan tersebut.

2. Madu

Selain air garam, obat alami untuk sakit tengggorokan yang kedua adalah madu. Madu mempunyai sifat antimikroba, antioksidan, dan antiinflamasi yang dipercaya mampu mengatasi sakit tenggorokan secara alami. 

Penderita bisa mencampurkan madu dengan teh atau minuman sehat lainnya yang biasa dikonsumsi. Selain itu, penderita juga dapat mengonsumsi madu secara langsung.

3. Air Lemon

Air lemon juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan. Air lemon mempunyai kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan radang yang terjadi di area tenggorokan.

Selain itu, air lemon juga mengandung senyawa astringent yang bisa meredakan pembengkakan pada tenggorokan. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh perasan lemon ke dalam segelas air. Kemudian gunakan untuk berkumur.

4. Bawang Putih

Obat alami selanjutnya yang dapat digunakan adalah bawang putih. Bawang putih mempunyai kandungan yang bersifat antibakteri, sehingga dapat meredakan sakit tenggorokan dengan efektif. Agar bekerja lebih optimal dalam penyembuhan, penderita disarankan untuk mengunyah bawang putih secara langsung. 

Ketika bawang putih hancur, maka itu akan melepaskan kandungan senyawa allicin yang mempunyai kandungan antibakteri, antivirus, dan antijamur. Selain mengunyah, penderita juga dapat mengisap bawang putih kurang lebih selama 15 menit.

5. Teh Hangat

Teh hangat dapat menjadi salah satu obat alami untuk sakit tenggorokan.Mengonsumsi teh hangat bisa membantu meredakan sakit tenggorokan, karena teh mempunyai kandungan antioksidan yang mampu memperkuat kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Supaya memberikan efek optimal untuk pengobatan, minumlah teh hangat secara teratur. Untuk menambah kenikmatan, teh hangat juga dapat ditambahkan madu secukupnya.

Demikianlah lima obat alami sakit tenggorokan yang bisa dibuat dengan mudah di rumah. Namun, jika sakit tenggorokan tidak kunjung membaik, segera periksakan tubuh ke dokter. 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category