Health

5 Obat Diabetes Alami yang Penting untuk Diketahui Penderitanya

By Erwin |

Diabetes adalah penyakit berbahaya yang bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Penyakit ini terjadi karena tingginya gula darah dari dalam tubuh. Untuk mengobatinya, ada beberapa obat diabetes alami yang bisa dijadikan sebagai pengobatan manual di rumah. 

Sebagai informasi, diabetes sendiri dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti faktor keturunan, obesitas, dan pola hidup yang tidak sehat. Maka dari itu, sebaiknya cegah penyakit diabetes. Namun, apabila sudah terlanjur menderita diabetes, maka konsumsilah obat diabetes alami.   

Rekomendasi Obat Diabetes Alami

Bagi sebagian orang, menggunakan obat alami kerap menjadi pilihan pertama karena lebih ampuh dan lebih aman. Ketahui deretan obat diabetes alami yang mudah ditemukan di rumah berikut ini: 

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari lidah buaya adalah untuk mengurangi kadar gula di dalam tubuh agar tidak tinggi. Selain itu, lidah buaya juga mempunyai kandungan antrakuinon dan lektin yang sangat baik untuk pencernaan dan imunitas tubuh.   

Kandungan tersebut juga bisa membantu meringankan luka akibat diabetes. Ketiga senyawa aktif tersebut juga mampu meredakan pembengkakan dan mempercepat proses penyembuhan luka di kulit penderita diabetes. 

2. Kayu Manis

Selain untuk memasak, kayu manis juga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk penyakit diabetes. Kandungan yang terdapat di dalam kayu manis mampu menurunkan glukosa setelah makan, menurunkan resistensi insulin, dan mengurangi lemak yang terdapat di dalam darah.

Untuk memanfaatkan khasiat kayu manis sebagai penyembuhan diabetes, penderita bisa menambahkan kayu manis ke dalam makanan atau minuman untuk dikonsumsi setiap harinya.

3. Pare

Pare merupakan salah satu sayur yang disukai para ibu rumah tangga. Selain dapat menambah kelezatan hidangan, pare juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati diabetes. Untuk memanfaatkan pare sebagai penyembuhan diabetes, konsumsi pare dalam bentuk olahan, jus, atau suplemen. Mengonsumsi pare secara rutin dapat membantu untuk menurunkan kadar gula yang ada di dalam tubuh.    

4. Kunyit

Kunyit juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan diabetes alami. Kunyit mempunyai kandungan senyawa aktif seperti kurkumin yang mampu mencegah dan mengobati penyakit diabetes, khususnya diabetes tipe 2.

Akan tetapi, penderita diabetes harus mengonsumsi kunyit secukupnya saja. Jangan sampai lebih dari 4 gram dalam sehari. Harap ingat bahwa mengonsumsi kunyit yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan, seerti: muntah, mual, dan diare.   

5. Ginseng

Ginseng menjadi salah satu obat alami yang aman dan efektif untuk penyakit diabetes. Kandungan yang terdapat di dalam ginseng mampu mengatur penyerapan gula darah, sehingga bisa mencegah terjadinya kenaikan gula darah. 

Selain itu, ginseng juga dapat membantu meningkatkan insulin dalam tubuh. Penderita diabetes bisa memanfaatkan ginseng mulai dari buah, akar, hingga daunnya sebagai obat herbal.

Demikianlah lima obat diabetes alami yang dapat digunakan untuk pengobatan sendiri di rumah. Pastikan untuk melakukan pengobatan secara teratur supaya kadar gula dalam tubuh cepat menurun.  


 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category