Health

5 Obat Penurun Panas Alami yang Efektif dan Ampuh

By Erwin |

Panas pada tubuh dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti: bakteri, virus, kuman, dan parasit. Hal ini dapat menyerang siapa saja. Namun, tenang saja, karena terdapat beberapa obat penurun panas alami yang dapat digunakan sebagai pengobatan di rumah.

Panas sendiri dapat menjadi pertanda adanya penyakit atau gangguan yang terdapat di dalam tubuh. Panas merupakan reaksi saat kekebalan tubuh melawan infeksi seperti virus yang berasal dari patogen. Beberapa jenis penyakit yang memicu terjadinya panas pada tubuh adalah flu dan radang tenggorokan.

Obat Penurun Panas Alami

Sebenarnya penderita tidak harus minum obat apabila panasnya tidak tinggi, tetapi hanya perlu memanfaatkan obat alami untuk menurunkan panas. Berikut merupakan beberapa obat penurun panas alami yang bisa dikonsumsi. 

1. Lemon dan Madu

Bahan alami pertama yang dapat digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk menurunkan panas yaitu lemon dan madu. Lemon dan madu mempunyai kandungan yang bersifat antimikroba, sehingga mampu melawan kuman penyebab infeksi.

Selain itu, lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang mampu meningkatkan imun di dalam tubuh. Campurkan perasan air lemon dan madu. Kemudian, minum cairan tersebut dengan rutin untuk menurunkan panas secara alami.

2. Jahe

Bahan alami kedua yang dapat digunakan adalah jahe. Jahe memiliki sifat antiperadangan dan ant mikroba yang mampu mengatasi flu yang sering menjadi penyebab demam. 

Cara membuatnya adalah dengan merebus air dengan panci kecil, lalu tambahkan jahe yang telah dimemarkan. Biarkan jahe benar-benar terendam ke dalam air yang mendidih, diamkan sebentar, lalu minum cairan tersebut secara teratur.

3. Bawang Putih

Bahan alami ketiga yang dapat digunakan adalah bawang putih. Selain untuk memasak, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk menurunkan panas.

Bawang putih mempunyai beberapa kandungan yang berfungsi sebagai antiseptik, antibiotik, dan antivirus, sehingga dapat melawan virus penyebab panas. Cara membuatnya adalah dengan menambahkan bawang putih ke dalam teh dan konsumsi secara rutin. 

4. Kayu Manis

Bahan alami keempat yang dapat digunakan adalah kayu manis. Kayu manis mempunyai kandungan yang bersifat analgesik, antivirus, antibakteri, dan antiperadangan, sehingga mampu menurunkan panas pada tubuh. 

Cukup siapkan kayu manis, madu, dan air panas. Setelah itu, campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga tercampur rata. 

5. Temulawak

Bahan alami kelima yang dapat digunakan adalah temulawak. Temulawak mempunyai kandungan zat aktif germacrene dan alpha betha curcumena yang efektif untuk menurunkan panas. Selain itu, temulawak juga bisa berguna sebagai antiperadangan dan antibiotik.

Siapkan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu, yaitu: 1 sampai 2 sendok teh bubuk temulawak, 220 ml air panas, dan madu. Lalu seduh bubuk temulawak dengan air panas, dan campurkan madu secukupnya. Kemudian, aduk hingga merata.

Demikianlah lima obat penurun panas alami yang bisa digunakan di rumah. Namun, jika panas tidak kunjung mereda, segera periksakan diri ke dokter.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category