Health

5 Obat Sakit Gigi Alami yang Bisa Dikonsumsi di Rumah

By Erwin |

Terkadang saat sakit gigi melanda, di rumah tidak ada persediaan obat sakit gigi. Jika hal itu terjadi, maka tenang saja, karena ada banyak obat sakit gigi alami yang bahan-bahannya mudah ditemukan di rumah. 

Sebenarnya ada banyak bahan-bahan alami, seperti bumbu dapur atau herbal lainnya yang bisa digunakan untuk mengurangi sakit gigi. Bahan-bahan ini dapat digunakan sebagai pengobatan pertama jika belum sempat pergi ke dokter.     

Kira-kira apa saja bahan-bahan tersebut? Jika penasaran, jangan lewatkan informasi menarik yang akan dibagikan kali ini. 

5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Alami 

Sakit gigi bisa diakibatkan oleh gigi berlubang, gusi bengkak, dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, rajinlah memeriksakan diri ke dokter gigi, setidaknya enam bulan sekali. Namun, jika Anda tiba-tiba merasakan sakit pada gigi dan belum sempat memeriksakan diri ke dokter, maka silakan konsumsi obat sakit gigi alami dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh di rumah berikut ini:   

1. Air Garam 

Berkumur dengan air garam dipercaya dapat mengurangi sakit gigi. Selain itu, air garam juga dapat menjaga kesehatan mulut dan mengurangi bakteri yang bisa mengganggu gigi dan gusi. 

Cara penggunaannya sangat mudah, yakni cukup siapkan ½ sendok teh garam. Lalu larutkan ke dalam satu gelas air hangat. Setelah itu, gunakan untuk berkumur-kumur hingga beberapa menit.  

2. Bawang Putih 

Bawang putih dapat digunakan sebagai antibiotik alami, sehingga mampu mengurangi rasa sakit. Cara penerapannya adalah dengan mengunyah langsung bawang putih yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian atau dengan mengempelkan potongan kecil itu di atas gigi yang sakit.

3. Minyak Cengkeh

Dikutip dari buku Tanaman Obat untuk Masa Kehamilan & Pasca Melahirkan, dr. Lestari Handayani, M.Med (PH), (2003:43), cengkeh berkhasiat untuk menghilangkan rasa sakit (analgesik) dan menghambat pertumbuhan bakteri. Cukup teteskan minyak cengkeh ke kapas, kemudian taruh di atas gigi yang sakit. Jika Anda tidak suka rasa cengkeh, segeralah berkumur.   

4. Minyak Kayu Putih 

Minyak kayu putih juga dapat mengurangi sakit gigi dan bisa bertindak sebagai antibakteri. Cara penggunaannya adalah dengan memakai kapas atau mengoleskannya langsung ke gigi yang sakit. Tunggu hingga beberapa menit. 

Setelah itu, segera berkumur dengan air hangat atau sikat gigi untuk menghilangkan rasa minyak kayu putih yang mungkin terasa kurang enak di mulut.  

5. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri, sehingga mampu menjaga kesehatan gusi, mencegah gigi berlubang, dan bahkan mengurangi sakit gigi. Penggunaannya cukup mudah, yakni cukup haluskan satu ruas kunyit lalu oleskan di bagian yang terasa sakit. Selain itu, bisa juga dengan membuat larutan kunyit untuk berkumur-kumur.  

Selain mengonsumsi obat sakit gigi alami di atas tadi, ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah satunya adalah dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari dan mengurangi makanan atau minum manis. Setelah sempat, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.  

Share

Trending Article

Tips Memilih Vitamin Penggemuk Badan dari Buah dan Sayur Agar Mencapai Keseimbangan Nutrisi Optimal

Vitamin B6 untuk Apa? Ini 5 Manfaatnya!

7 Vitamin Tulang

Manfaat Vitamin B Complex Yang Bagus

Tak Hanya Berfungsi Menjaga Kesehatan Mata, Ternyata Ini Dia Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Yuk Kenali Berbagai Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan Tubuh

Article Category