Health

5 Pantangan Darah Tinggi yang Wajib Dijauhi oleh Hipertensi

Tekanan darah tinggi biasa dikenal dengan istilah hipertensi, merupakan suatu kondisi dimana tubuh memompa darah (jantung) dengan tekanan yang tinggi sehingga aliran darah mengalir dengan cepat. Hipertensi dapat terjadi ketika pola hidup dan pola makan yang buruk. Bagi anda yang mengalami hipertensi ada banyak pantangan darah tinggi yang wajib dihindari.

Bagi anda pengidap hipertensi, anda wajib mengetahui apa pantangan darah tinggi yang harus dihindari. Hal tersebut wajib anda hindari karena jika tekanan darah tidak terkontrol dapat beresiko buruk pada tubuh anda. Ada banyak resiko dari tekanan darah tinggi, yakni: 

  1. Dapat memicu terjadinya stroke
  2. Beresiko terjadi serangan jantung
  3. Gangguan pada ginjal
  4. Disfungsi seksual komplikasi
  5. Dan masih banyak lagi

Kondisi tekanan darah yang tinggi tergolong dalam kondisi yang sangat serius. Anda harus mengetahui makanan dan minuman apa saja yang menjadi pantangan darah tinggi dan harus dihindari atau tidak boleh dikonsumsi oleh orang hipertensi.

Makanan pantangan darah tinggi

1. Konsumsi garam atau natrium berlebih

Salah satu bumbu pelengkap dapur yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa makanan ini ternyata cukup membahayakan orang hipertensi. Kandungan natrium pada garam merupakan contributor pertama yang dapat memicu tekanan darah tinggi dan juga penyakit jantung.

Jika ingin mengkonsumsi garam, baiknya jangan yang berlebihan. Pada penderita hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi natrium tidak lebih dari 2.300 mg, atau setara dengan satu sendok teh setiap harinya.

2. Gula

Jika sebelumnya adalah konsumsi garam yang dibatasi, bagi penderita hipertensi juga wajib membatasi konsumsi gula. Mengapa demikian? Konsumsi gula yang berlebih dapat menyebabkan kegemukan atau obesitas, dimana tubuh mempunyai berat badan lebih dari normal dapat dengan mudah meningkatkan tekanan darah.

3. Makanan olahan lemak jenuh

Demi menjaga kesehatan jantung pada penderita hipertensi dan individu yang normal, anda harus menjauhi atau berhenti untuk mengkonsumsi makanan yang diolah dengan minyak jenuh atau minyak trans.

Dikarenakan dengan anda mengkonsumsi makanan lemak jenuh atau lemak trans, dapat beresiko terjadinya serangan jantun, diabetes melitus tipe dua, dan stroke.

Minuman pantangan darah tinggi

1. Alcohol

Bagi anda yang mempunyai kebiasaan konsumsi alkohol dalam jumlah yang tidak wajar, baiknya segera anda hentikan. Dikarenakan kandungan pada alkohol dapat memicu jantung untuk berdetak tidak wajar, sehingga berakibat menjadi tekanan darah tinggi. Ditambah lagi minuman alkohol dapat mengakibatkan obesitas.

2. Minuman sirup

Seperti yang kita tahu bahwa sirup mempunyai kadar glukosa yang sangat tinggi. Dengan anda mengkonsumsi glukosa berlebihan dapat memicu terjadinya diabetes, dan penyakit beresiko lainnya.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda mempunyai kadar kafein yang cukup tinggi, yang aman harus dihindari oleh penderita hipertensi.

4. Kopi

Seperti minuman bersoda, kopi juga mengandung kadar kafein yang cukup tinggi. Namun sayang sekali konsumsi kopi bagi penderita hipertensi wajib untuk dibatasi, dikarenakan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi

5.Minuman yogurt

Cita rasa dari yogurt yang seperti asam dan manis, memang cukup nikmat. Namun ternyata yogurt merupakan produk olahan fermentasi susu yang mempunyai kandungan lemak jenuh yang tinggi.

Demikian tadi sedikit penjelasan mengenai pantangan darah tinggi, anda dapat mengunjungi website naturalfarm.id menggunakan berbagai macam produk herbal untuk mengatasi penyakit. Tidak hanya penyakit hipertensi saja, ada obat herbal untuk keluhan lainnya.