Health

5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah dan Cara Mengatasinya

By Erwin |

Sakit perut sebelah kiri bawah dapat disebabkan banyak faktor. Rasa sakit ini bisa bersifat ringan hingga parah dan disertai gejala lain yang bisa mengganggu aktivitas harian hingga mempengaruhi kualitas hidup seseorang. 

Jika mengalami sakit perut ringan seperti perut kembung, maka hal ini bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika sakit perut disertai dengan gejala lain, maka penyebab pastinya penting untuk diketahui agar bisa mengatasi rasa sakit tersebut.

5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah 

Agar bisa mengobati sakit perut dengan cara yang tepat sesuai dengan penyebabnya, berikut adalah lima penyebab umum sakit perut sebelah kiri bawah yang penting untuk diketahui: 

1. Gangguan Usus

Salah satu penyebab umum sakit perut di sebelah kiri bawah adalah gangguan pada usus. Gangguan ini bisa bermacam-macam seperti peradangan usus besar,maupun peradangan pada dinding usus. Jika terdapat gangguan pada usus, maka perut bagian kiri bawah akan terasa sakit dan nyeri. Tidak jarang terdapat gejala lain seperti perut kembung, kram perut, hingga diare. 

2. Gangguan Ginjal

Gangguan ginjal, seperti batu ginjal atau infeksi ginjal, juga bisa menyebabkan sakit perut di sebelah kiri bawah. Batu ginjal adalah formasi keras yang terbentuk dalam ginjal dan dapat menyebabkan nyeri hebat saat batu tersebut melewati ureter. Infeksi ginjal dapat menyebabkan nyeri perut sebelah kiri bawah, demam, nyeri punggung, dan buang air kecil yang sering disertai rasa terbakar. 

3. Gangguan pada Organ Reproduksi

Dikutip dari situs resmi Puskesmas Kuta Selatan di puskesmaskutaselatan.badungkab.go.id, sakit perut sebelah kiri bawah yang dialami oleh perempuan bisa dikarenakan gangguan pada organ reproduksi, seperti endometriosis, kista ovarium, atau gangguan pada rahim. 

Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan endometrium yaitu jaringan yang melapisi rahim tumbuh di luar rahim. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri pada panggul. Kista ovarium atau gangguan rahim seperti fibroid juga dapat menyebabkan rasa sakit di perut sebelah kiri bawah.

4. Gangguan pada Sistem Pencernaan

Beberapa gangguan pada sistem pencernaan seperti gastritis, GERD, ataupun divertikulosis, juga dapat menjadi penyebab sakit perut di sebelah kiri bawah. Gangguan pencernaan tersebut biasanya memiliki gejala sakit perut yang membuat perut terasa nyeri dan perih. Tidak jarang gangguan pencernaan ini juga diikuti dengan nyeri dada.  

5. Angina

Penyebab terakhir yang membuat perut sebelah kiri bawah terasa sakit adalah angina. Angina ini merupakan nyeri dada yang muncul akibat kurangnya asupan darah yang mengalir ke otot jantung. Kondisi inilah yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian perut. 

Cara Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kiri

Setelah mengetahui penyebab dari sakit perut sebelah kiri, maka penting untuk mengetahui cara mengatasinya agar bisa segera pulih dan tidak semakin parah, yakni: 

  1. Kompres area perut yang sakit menggunakan air hangat.  
  2. Beristirahat dengan cukup.
  3. Mengonsumsi makanan berkuah atau makanan dengan tekstur lembut.
  4. Menghindari makanan pedas atau terlalu asam. 
  5. Perbanyak minum air putih.
  6. Mengonsumsi obat sesuai resep dokter.

Penting untuk diingat bahwa penyebab sakit perut sebelah kiri bawah tadi merupakan referensi umum. Jika Anda mengalami sakit perut di bagian kiri bawah yang berkepanjangan atau disertai gejala lain, segeralah berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang profesional guna mendapatkan penanganan yang tepat. 

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category