Health

5 Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya

By Erwin |

Telinga berdenging sebelah kiri disebut tinnitus. Tinnitus adalah gangguan pendengaran yang disertai sensasi bunyi seperti berdesing atau berdenging, yang berlangsung terus-menerus atau berulang di dalam telinga. 

Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan rambut halus di telinga bagian dalam yang secara tidak normal mengirim sinyal suara ke otak. Selanjutnya, otak mengartikan ini sebagai kebisingan.

Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri

Telinga berdenging sebelah kiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antara lain sebagai berikut:

1. Kotoran Telinga

Penumpukan kotoran telinga dapat menyebabkan telinga berdenging, sama halnya dengan benda yang masuk di telinga. Itu karena benda yang masuk dapat mendorong gendang telinga dan mengiritasi sel-sel rambut.

2. Paparan Suara Keras

Suara keras atau kebisingan yang terdengar secara terus-menerus juga bisa menjadi penyebab telinga berdenging sebelah kiri. Suara keras atau kebisingan ini mungkin berasal dari suara musik konser atau suara mesin di pabrik. 

Jika tidak segera ditindaklanjuti, maka paparan suara yang kencang secara terus-menerus dapat merusak saraf telinga, baik sifatnya sementara maupun permanen.

3. Benda Asing di Telinga Sebelah Kiri 

Adanya benda asing, seperti beras, biji, serangga, atau kacang, yang masuk ke telinga sebelah kiri juga bisa membuatnya berdenging. Selain benda-benda itu, ujung cotton bud atau sisa kapas pembersih telinga juga dapat menyumbat saluran telinga, sehingga menghambat aliran getaran suara yang masuk ke telinga. 

4. Cedera Kepala atau Leher

Cedera kepala ataupun leher dapat merusak telinga bagian dalam, saraf pendengaran, atau fungsi otak yang terkait dengan pendengaran. Cedera seperti itu biasanya menyebabkan tinnitus hanya di satu sisi telinga. 

5. Tumor di Telinga Tengah

Salah satu gejala awal tumor telinga yang umum dialami adalah adanya dengingan di telinga hanya di satu sisi, baik telinga kiri maupun kanan atau timbulnya rasa nyeri di daun telinga.

Ini dikarenakan tumor berada di telinga bagian penerima suara, sehingga menyebabkan gangguan dalam pengantaran sinyal suara ke otak.

Meski tumor telinga tengah jarang terjadi, tetapi tetaplah waspada jika merasakan telinga berdenging sebelah yang disertai dengan kesulitan berjalan atau berbicara, nyeri hebat, dan/atau penurunan kualitas pendengaran.

Cara Mengatasi Telinga Berdenging Sebelah Kiri

Setelah mengetahui penyebabnya, inilah cara mengatasi telinga sebelah kiri yang berdenging: 

1. Menggunakan Obat untuk Kotoran Telinga

Jika Anda memiliki penumpukan kotoran di telinga, cobalah obat tetes berbahan dasar peroksida untuk memecah kotoran tersebut dengan aman.

2. Membatasi Hal-Hal yang Dapat Memperburuk Tinnitus

Hindari minuman yang mengandung alkohol, nikotin, dan kafein karena dapat memicu serangan telinga berdenging. Selain itu, untuk sementara waktu, hindari untuk datang ke tempat yang bersuara keras. 

3. Akupunktur

Beberapa penelitian menemukan bahwa akupunktur bisa mengurangi tingkat keburukan tinnitus. Jadi, cara ini juga bisa dicoba. Namun, pastikan Anda pergi ke tempat akupuntur dengan ulasan bagus dari orang-orang terpercaya. 

Jika mengalami telinga berdenging sebelah kiri yang berkelanjutan dan semakin mengganggu, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) atau ahli audiologi. Dengan begitu, dokter dapat segera menindaklanjuti dari hasil pemeriksaannya. 

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category