Health

6 Cara Mengatasi Batuk Kering yang Membandel, Sederhana Namun Efektif

By Admin |

Ketika seseorang mengalami batuk kering, biasanya tenggorokan terasa kering, dan sakit. Untuk mengatasinya, selain Anda dapat mengonsumsi obat, Anda juga dapat mengatasi batuk kering yang membandel, dengan beberapa cara mudah berikut ini :

1. Air putih hangat

Adapun cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi batuk kering membandel, yaitu dengan banyak mengonsumsi air putih hangat. Ketika seseorang terkena batuk kering, maka tenggorokan akan terasa kering. Itu sebabnya, penting untuk mengkonsumsi air hangat, guna menjaga kelembaban pada tenggorokan itu sendiri.

Dalam hal ini kebutuhan cairan pada masing-masing orang, terbilang berbeda, minimalnya 8 hingga 12 gelas setiap harinya, atau lebih baik, tergantung dari berat badan orang tersebut. Hindari mengonsumsi air dingin, ketika sedang mengalami batuk kering.    

2. Madu

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi batuk kering yang membandel, yaitu mengonsumsi madu. Seperti diketahui bersama, madu mempunyai beberapa kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Diantara kandungan tersebut, terdapat beberapa kandungan yang mampu meningkatkan antibodi dalam tubuh.Secara tidak langsung hal tersebut dapat digunakan untuk membantu mengatasi penyakit batuk, dalam hal ini batuk kering.  

3. Mengonsumsi makanan yang kaya probiotik

Mungkin tidak banyak yang menyadari, bahwa ternyata mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya probiotik, ternyata mampu mengatasi batuk kering. Lantaran kandungan probiotik tersebut, mampu mengurangi infeksi saluran pernafasan, ketika seseorang terkena batuk, terutama batuk kering.

Dalam hal ini probiotik tidak akan langsung menyembuhkan batuk kering. Namun mikroorganisme yang ada di dalamnya, yang akan membantu menjaga imun tubuh.Adapun beberapa jenis makanan dan minuman yang mengandung probiotik yaitu, keju, yoghurt, dan juga tempe.   

4. Air garam

Berikutnya ada garam. Kali ini siapkan air minum yang sudah diberi larutan garam. Berkumurlah dengan larutan garam tersebut. Metode tersebut, disinyalir mampu membantu meredakan rasa gatal pada bagian tenggorokan, yang menjadi penyebab batuk.

Cara membuatnya, yaitu dengan mencampurkan 14 atau juga ½ sdt garam, dengan secangkir air hangat. Penting untuk diingat, teknik ini, tidak dianjurkan pada anak yang berusia di bawah 6 tahun. Lantaran biasanya anak tersebut, belum mampu berkumur dengan baik.

5. Jahe

Mengonsumsi jahe, juga dapat Anda gunakan sebagai cara mengobati sakit batuk, baik itu batuk kering atau juga batuk berdahak. Ada beberapa penyebab, kenapa seseorang mengalami batuk kering, salah satunya adalah radang tenggorokan, yang dapat membuat asam lambung jadi naik.

Jahe, selain mampu mengatasi penyakit batuk juga dapat mengurangi kadar asam pada lambung.  

6. Mengonsumsi apel

Sebagian orang mungkin sudah tahu, bahwa di antara jenis buah ada, terdapat beberapa buah yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi batuk, yaitu apel. Apel sendiri dapat dikonsumsi melalui beberapa cara, baik itu dikonsumsi secara langsung, dibuat menjadi jus, atau juga dikukus terlebih dahulu, baru dikonsumsi. Kandungan flavonoid dalam buah apel, ternyata mampu mengurangi gejala peradangan dan juga iritasi, pada saluran pernafasan, yang menjadi penyebab batuk.

Jadi bagi Anda yang saat ini sedang mengalami sakit batuk, terutama atau kering. Ada baiknya jika mencoba mengatasi batuk kering yang membandel, dengan beberapa cara di atas, sebelum mengonsumsi obat batuk. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category