Health

6 Cara Menghilangkan Bau Mulut supaya Napas Lebih Segar

By Erwin |

Bau mulut sering kali menjadi suatu permasalahan yang cukup mengganggu baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Namun, jangan khawatir karena terdapat beberapa cara menghilangkan bau mulut supaya napas jadi lebih segar. 

Sebelumnya, penting untuk diketahui bahwa penyebab bau mulut sendiri bisa dipengaruhi berbagai faktor, seperti: jenis makanan yang dikonsumsi, kurangnya menjaga kebersihan dalam mulut, menerapkan gaya hidup yang tidak sehat, dan berbagai kondisi lainnya. 

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut yang dialami oleh seseorang sangat mungkin akan mengurangi rasa percaya diri. Jadi, tidak heran jika banyak yang mencari cara menghilangkan bau mulut. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut sebagai berikut: 

1. Jaga kebersihan mulut dan gigi

Cara pertama yang penting untuk dilakukan adalah menjaga kebersihan mulut dan gigi. Lakukan sikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Kemudian, berkumurlah menggunakan mouthwash yang tidak memiliki kandungan alkohol.   

Selain itu, gantilah sikat gigi setiap dua bulan sekali lakukan pemeriksaan gigi ke dokter secara rutin minimal enam bulan sekali. Apabila Anda menggunakan gigi palsu, pastikan untuk selalu membersihkannya dengan teratur agar tidak ada sisa makanan menumpuk dan menyebabkan pertumbuhan bakteri.

2. Tingkatkan asupan serat dan air putih

Konsumsilah makanan yang tinggi serat, seperti buah-buahan, karena bisa menjaga metabolisme pada tubuh dan mencegah halitosis serta gangguan pencernaan. Selain itu, cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih. 

3. Hentikan kebiasaan tidak sehat

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menghentikan kebiasaan tidak sehat. Hindari rokok, minuman beralkohol, dan kafein. Pastikan juga untuk menghindari makanan dengan bau menyengat, seperti: petai, jengkol, bawang, dan durian. 

4. Mengunyah permen karet

Untuk mengunyah permen karet, pilih permen yang memiliki kandungan xylitol, yang mampu melawan bau mulut dan menghambat pertumbuhan bakteri di mulut. Kunyahlah permen karet xylitol selama 5 menit usai makan.   

5. Gunakan bahan alami

Bau mulut juga bisa diatasi menggunakan berbagai bahan alami seperti daun sirih. Apabila Anda merasa tidak nyaman saat mengunyahnya, maka dapat berkumur dengan menggunakan air rebusan daun sirih.  Selain daun sirih, bau mulut juga dapat diatasi menggunakan kayu manis, cengkeh, dan daun mint dengan cara yang sama untuk menghilangkan bau tidak sedap yang berasal dari mulut. 

6. Konsumsi yoghurt

Konsumsilah yoghurt 85 gram yang bebas gula sebanyak dua (2) kali sehari selama enam (6) minggu. Hal ini dipercaya dapat membantu mengatasi bau mulut, karena yoghurt bisa mengurangi kadar senyawa sulfida yang menjadi penyebab bau mulut. 

Itulah berbagai cara menghilangkan bau mulut yang bisa diterapkan di rumah. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan mulut agar napas menjadi lebih segar. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category