Health

6 Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami dan Aman

By Erwin |

Mengatasi jerawat tidak harus menggunakan krim dan obat medis saja, tetapi juga dengan mengubah pola makan dan gaya hidup serta menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. 

Jerawat bisa terjadi karena tersumbatnya pori-pori kulit atau terinfeksi kulit oleh bakteri. Kondisi ini merupakan masalah kulit yang paling sering terjadi. 

6 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Pengobatan jerawat secara alami bisa membantu menyeimbangkan kadar minyak kulit, mengurangi peradangan, membunuh bakteri, dan mencegah kembalinya jerawat di kemudian hari. Berikut adalah deretan cara menghilangkan jerawat secara alami dengan mudah:

1. Menggunakan Buah Alpukat

Buah alpukat bisa digunakan sebagai masker kulit untuk mengobati jerawat. Kandungan vitamin E yang terdapat di dalamnya bisa melembutkan kulit dan mengurangi peradangan pada kulit yang berjerawat.  

Caranya adalah dengan menghaluskan buah alpukat dan menjadikannya sebagai masker wajah. Tambahkan satu sendok madu. Kemudian, oleskan masker tersebut ke wajah, diamkan 20 hingga 30 menit, dan akhirnya bilas dengan air bersih. 

2. Menggunakan Es Batu

Es batu berguna untuk mengurangi peradangan pada jerawat. Bungkus es batu dengan kain bersih, lalu tempelkan pada kulit yang berjerawat selama 1 menit. Hal ini bisa mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat. 

3. Menggunakan Madu

Menghilangkan jerawat menggunakan masker madu memiliki banyak manfaat dalam menjaga bakteri baik yang ada di kulit dan mempercepat proses penyembuhan jerawat.  

Campurkan 2 sendok madu dengan 1 sendok teh kayu manis bubuk. Oleskan masker tersebut ke wajah secara merata, biarkan masker selama 10-15 menit, kemudian bilas sampai bersih. 

4. Memperbanyak Minum Air Putih

Perbanyak minum air putih sangat penting untuk mempercepat penyembuhan kulit dari jerawat. Sebaiknya minum air putih paling sedikit 8 gelas dalam sehari. Kulit yang kering bisa mengakibatkan jerawat. Nah, air putih yang cukup bisa menghidrasi kulit, sehingga memastikan sel-sel baru bisa berkembang dengan baik saat luka akibat jerawat sembuh. 

5. Mengurangi Stres

Stres merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat, karena stres dapat meningkatkan kadar hormon androgen. Hormon tersebut bisa merangsang folikel rambut dan kelenjar minyak di pori-pori, sehingga meningkatkan risiko jerawat. Dengan demikian, mengurangi stres bisa membantu mengatasi jerawat. Berikut adalah beberapa cara mengelola stres:

  • Tidur yang cukup,
  • Berolahraga secara teratur,
  • Konsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang,
  • Batasi konsumsi alkohol dan kafein,
  • Berlatih pernapasan dalam, yoga, atau meditasi.  

6. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri. Senyawa ini bisa menghancurkan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi kemerahan atau pembengkakan. Selain itu, minyak kelapa juga bisa mempercepat penyembuhan luka jerawat yang terbuka. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa di area yang berjerawat. 

Demikianlah 6 cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah masing-masing. Semoga jerawat Anda bisa segera mereda! 

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category