Health

6 Manfaat Kelapa Ijo dan Efek Sampingnya

By Erwin |

Kelapa ijo atau nama ilmiahnya adalah cocos nucifera ini, termasuk dalam jenis kelapa yang dipercaya dapat meningkatkan sistem imun dan ada banyak manfaat kelapa ijo bagi kesehatan tubuh karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. 

Apa Saja Manfaat Kelapa Ijo

Perlu Anda ketahui juga, apabila kelapa ijo biasanya memiliki rasa air yang lebih manis dibandingkan dengan kelapa muda pada umumnya, sehingga sudah terasa segar jika diminum langsung tanpa dicampur apapun. Kelapa ijo sendiri memiliki berbagai jenis  nutrisi, maka bagus bagi kesehatan tubuh dengan banyak manfaatnya sebagai berikut ini.

1. Membantu menyehatkan kulit

Manfaat air kelapa ijo bagi kesehatan adalah membantu mengatasi jerawat dan menyehatkan kulit Anda, karena kelapa hijau bersifat antimikroba, sehingga mampu membantu sistem antioksidan. 

2. Mencegah dehidrasi

Dalam sebuah studi dikatakan jika air kelapa ijo bisa Anda manfaatkan untuk mencegah dehidrasi,  karena memiliki kandang komposisi gula dan elektrolit yang mirip dengan larutan rehidrasi oralit, sehingga bisa menjadi salah satu cara untuk mengembalikan cairan Anda yang hilang, akibat diare atau yang lainnya.

3. Membantu jaga imun

Air kelapa ijo ternyata juga dapat membantu untuk menjaga imun tubuh atau meningkatkan kadar antibodi, karena ada kandungan antioksidan dan asam amino. 

4. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat berikutnya adalah dapat membantu untuk memelihara atau menjaga kesehatan jantung Anda. Namun, dalam mengkonsumsinya tentu tidak boleh berlebihan meski dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara perlahan. 

5. Menjaga kesehatan ginjal 

Mengkonsumsi air kelapa ijo secara teratur dapat membantu Anda untuk menyehatkan ginjal, di mana batu ginjal bisa diluruhkan atau dicegah pembentukan batu ginjal tersebut, akan tetapi dalam prosesnya tentu tidak diperbolehkan mengkonsumsi bersama dengan obat kimia, maka Anda harus bisa menjadwalkan konsumsi air kelapa ijo ini dengan baik.

6. Menetralkan racun

Kelapa ijo sering digunakan untuk menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh, baik dari minuman maupun makanan, karena zat anti racun dan antioksidan yang terkandung didalamnya cukup efektif sebagai penanganan darurat. 

Apakah Kelapa Ijo Memiliki Efek Samping? 

Kelapa ijo jika dikonsumsi dengan tidak berlebihan tentu tidak akan memberikan efek samping yang buruk. Namun, ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda membatasi bahkan tidak diperbolehkan mengkonsumsi air kelapa ijo. 

Seperti kondisi ibu hamil meski bagus untuk kesehatan kulit bayi nantinya, Anda harus minum sesuai anjuran dokter, memiliki riwayat tekanan darah tinggi, mengidap penyakit ginjal, pasca operasi, dan beberapa kondisi lainnya.

Itulah beberapa manfaat kelapa ijo. Namun, Ketika Anda ingin mengkonsumsi kelapa ijo, sebaiknya minum sesuai porsinya meski memiliki rasa yang enak, tetapi jika berlebihan dapat membuat perut tidak nyaman.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category