Health

6 Obat Batuk Berdahak yang Ampuh dan Aman

By Erwin |

Batuk berdahak adalah salah satu jenis batuk yang sering menyerang banyak orang. Untuk meredakan dan mengatasinya, Anda butuh obat batuk berdahak yang ampuh, sehingga bisa kembali sehat dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Mengutip buku IPA Terpadu (Biologi, Kimia, Fisika), Djoko Arisworo, (2008:154)., batuk berdahak umumnya disebabkan oleh flu, nyeri, radang tenggorokan, dan sinusitis. Batuk berdahak juga disebut dengan batuk produktif karena mengeluarkan banyak dahak. 

6 Obat Batuk Berdahak yang Ampuh

Mengonsumsi obat yang mengandung zat ekspektoran (pengencer dahak) dan zat antialergi (penghilang rasa gatal di tenggorokan) diperlukan untuk meredakan batuk berdahak. Beberapa obat batuk berdahak yang ampuh adalah sebagai berikut:

1. OBH Combi Batuk Berdahak

Obat pertama adalah OBH Combi Batuk Berdahak. Obat batuk ini bisa ditemukan dengan mudah di minimarket maupun apotek terdekat. Selain bisa membantu mengobati batuk berdahak, obat ini juga dapat membantu meredakan gejala flu.

2. Woods Peppermint Expectorant

Selanjutnya ada Woods Peppermint Expectorant. Obat dengan kandungan zat ekspektoran ini bisa membantu mengencerkan dahak, sehingga lebih mudah dikeluarkan saat batuk. Dengan tambahan rasa peppermint, obat ini akan mengurangi rasa gatal sekaligus melegakan tenggorokan.

3. Siladex Mukolitik Ekspektoran

Siladex Mukolitik Ekspektoran bisa menjadi alternatif lain jika mencari obat batuk berdahak yang ampuh. Mengandung zat bromhexine HCI dan guaifenesin, obat ini mampu mengencerkan dahak, sehingga lebih mudah untuk dibuang.

4. Obat Batuk Ibu dan Anak

Obat batuk berdahak yang ampuh berikutnya adalah obat dengan merek Ibu dan Anak. Obat dengan kandungan herbal ini bisa meredakan batuk berdahak, melegakan tenggorokan, hingga memelihara kesehatan paru-paru. 

5. OBH Combi Anak Batuk Flu

Selain obat untuk dewasa, terdapat pula obat batuk yang bisa dikonsumsi anak-anak, yaitu OBH Combi Anak Batuk Flu. Obat yang mengandung zat aktif seperti pseudoephedrine HCl dan paracetamol ini bisa mengatasi batuk dan gejala flu lainnya pada anak. Penting untuk diketahui, obat ini juga menyebabkan kantuk, sehingga pemberian pada anak perlu diperhatikan. 

6. Bodrex Flu dan Batuk Batuk Berdahak PE

Terakhir, ada obat Bodrex Flu dan Batuk Batuk Berdahak PE. Obat berjenis tablet ini cocok dikonsumsi jika mencari obat batuk yang tidak menimbulkan rasa kantuk.  

Obat ini mengandung bromhexine HCL, guaifenesin, phenylephrine HCL, dan paracetamol yang bisa mengobati batuk dan meredakan gejala flu, seperti: demam, hidung tersumbat, sakit kepala, dan bersin-bersin.

Itu dia beberapa obat batuk berdahak yang ampuh dan bisa dengan mudah ditemukan di apotek maupun minimarket. Apabila sewaktu-waktu merasakan gejala batuk, segera dapatkan obat tersebut di minimarket atau apotek terdekat.   

Sebelum mengonsumsi obat batuk di atas, pastikan untuk membaca aturan pakai dan sesuaikan dengan kondisi tubuh. Jika setelah mengonsumsi obat tidak ada perubahan, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category