Health

6 Rekomendasi Obat Penurun Darah Tinggi yang Cepat

By Admin |

Darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang tidak seharusnya dianggap remeh. Pasalnya hipertensi menjadi penyebab utama munculnya komplikasi pada tubuh, mulai dari penyakit jantung koroner, jantung progresif, stroke, hingga gagal ginjal. Untuk mengatasinya, ada berbagai jenis obat penurun darah tinggi yang cepat. Berikut ini rekomendasi obat hipertensi paling ampuh yang bisa ditemukan di apotek.

1. Obat Captopril

Captopril adalah obat penurun darah tinggi yang cepat dan termasuk ke dalam golongan Angiotensin Converting Enzyme Inhibitor yang memiliki efek kardioprotektif. Obat Captopril ini aman dikonsumsi oleh penderita hipertensi dengan komplikasi diabetes. Selain itu, obat Captopril juga digunakan untuk kasus komplikasi jantung dan stroke. Umumnya, dosis yang disarankan untuk penggunaan obat hipertensi ini adalah 25 mg.

2. Obat Lasix

Lasix memiliki kandungan furosemide, yaitu obat tensi tinggi yang mempunyai efek diuretic untuk tubuh. dengan kata lain, obat ini dapat meningkatkan pengeluaran air, kalium, natrium, dan klorida. Adanya efek diuretic pada obat ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, penggunaan obat ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Bagi penderita hipertensi, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

3. Obat Metformin

Metformin termasuk obat darah tinggi dalam golongan Calcium Channel Blocker (CCB). Obat golongan ini membantu menurunkan kardiovaskular yang menjadi penyebab gagal jantung. Umumnya, obat hipertensi golongan ini diberikan kepada pasien yang tidak toleran dengan jenis thiazide. Obat Metformin dengan dosis 500 mg sering digunakan untuk mengobati hipertensi dengan diabetes. Pada beberapa kasus tertentu, Metformin juga kerap dikombinasikan dengan Amlodipine 10 mg.

4. Obat Celery Sidomuncul

Hipertensi juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi obat herbal seperti Celery Sidomuncul. Sesuai dengan namanya, obat hipertensi ini terbuat dari ekstrak daun seledri yang mengandung apigenin untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain berfungsi mengatasi hipertensi secara alami, Celery Sidomuncul juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang tinggi. Obat herbal ini juga berkhasiat untuk pencegahan dari penyakit darah tinggi.

5. Obat Pacekap

Obat herbal yang berikutnya adalah Pacekap. Kandungan scopoletin yang terdapat dalam ekstrak buah mengkudu berfungsi memperlebar pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Hal ini akan meringankan kerja jantung dalam memompa darah, sehingga hipertensi dapat teratasi.

6. Obat Propranolol 

Rekomendasi yang terakhir adalah obat Propranolol. Kandungan utama dari obat hipertensi ini adalah propranolol HCI yang termasuk ke dalam kategori beta-blockers. Fungsi utama dari obat ini adalah memblok efek hormon epinefrin yang diproduksi oleh kelenjar adrenalin di ginjal. Akibatnya detak jantung akan menurun frekuensinya sehingga kerja jantung dan pembuluh darah pun akan bekerja lebih ringan.

Itulah 6 rekomendasi obat penurun darah tinggi yang cepat di apotik.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category