Health

7 Obat Penurun Panas Dewasa Paling Ampuh Alami

By Erwin |

Belakangan ini banyak orang yang sedang mencari obat penurun panas dewasa paling ampuh alami. Ada berbagai obat penurun panas dewasa paling ampuh alami yang bisa membantu untuk meredakan sakit demam yang diderita. 

Obat penurun panas yang alami ini banyak dicari karena tidak menimbulkan efek samping. Sebagai informasi, panas yang berbahaya adalah ketika suhu tubuh melebihi 38 derajat calsius saat diukur menggunakan termometer. 

7 Obat Penurun Panas Dewasa Paling Ampuh  

Di bawah ini merupakan obat penurun panas dewasa paling ampuh alami dan cepat: 

1. Makanan Berkuah 

Makanan berkuah merupakan salah satu cara efektif untuk membantu menurunkan panas, melawan infeksi, dan mencegah terjadinya dehidrasi. Beberapa contohnya adalah sup ayam atau soto yang mengandung banyak air, vitamin, protein, dan berbagai nutrisi di dalamnya, sehingga sangat ampuh sebagai obat pereda panas.

2. Air Putih

Mengonsumsi banyak air putih mampu mengatasi panas pada tubuh. Sebab tubuh akan mendapatkan cukup asupan cairan, sehingga mampu mencegah dehidrasi yang secara tak langsung dapat memperparah panas. 

3. Kelapa Muda

Minum air kelapa ternyata mampu mengatasi sakit panas dalam tubuh. Air kelapa mengandung gula dan kaya elektrolit, sehingga bisa menambah kebutuhan energi untuk tubuh.

4. Makanan dengan Protein Tinggi

Makanan berprotein tinggi sangat dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi dan virus yang disebabkan oleh peningkatan suhu tubuh. Beberapa makanan yang kaya protein adalah tahu, tempe, telur, daging ayam, dan hati ayam.  Selain mengonsumsi makanan tersebut, sebaiknya imbangi juga dengan istirahat yang cukup, olahraga ringan yang cukup, mandi dengan air hangat, kompres tubuh secara rutin, dan tidak menggunakan pakaian yang tebal.

5. Jus Buah

Orang yang mengalami demam akan merasakan lemas karena kurangnya energi. Jadi, perlu untuk mengonsumsi minuman yang mengandung gula dan kaya vitamin, salah satunya jus buah. Mengonsumsi jus buah bisa meningkatkan kekebalan dalam tubuh, sehingga tubuh mampu melawan infeksi virus dan sangat ampuh menurunkan panas.

6. Makanan dengan Vitamin C

Penderita demam sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C, seperti: buah jeruk, lemon, jambu biji, stroberi, leci, pepaya, dan kiwi. Selain itu, juga sayuran, seperti: kubis, brokoli, kembang kol, bayam, kangkung, dan labu kuning.  

7. Jahe 

Jahe dapat secara efektif mengatasi beraneka ragam penyakit, salah satunya demam pada tubuh. Seduh teh jahe hangat untuk menurunkan demam. Nantinya rancun akan keluar dari tubuh melalui keringat.     

Selain itu, jahe juga bisa diseduh bersama madu agar terasa lebih nikmat dan menghasilkan khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Konsumsi jahe secara rutin sampai demam turun. 

Itulah beberapa obat penurun panas dewasa paling ampuh alami yang dapat dicoba di rumah. Semoga bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pembacanya. 

Share

Latest Articles

Tips & Cara Menambah Massa Otot dan Mengurangi Lemak

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Aman dan Anti Ribet!

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Article Category