Health

7 Rekomendasi Obat Pilek Alami yang Paling Jitu di Rumah

By Erwin |

Obat pilek alami adalah pilihan yang baik untuk meredakan gejala pilek tanpa perlu mengandalkan obat-obatan kimia yang dapat menimbulkan efek samping. Pilek sendiri merupakan penyakit yang kerap kali menghampiri banyak individu, terutama saat terjadi fluktuasi cuaca. 

Gejala pilek, seperti: hidung tersumbat, bersin, dan batuk bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, obat pilek alami bisa membantu meredakannya dengan mudah, karena dapat dibuat dan ditemukan di rumah dengan mudah.

7 Rekomendasi Obat Pilek Alami di Rumah

Ada banyak obat pilek alami yang bisa ditemukan di rumah tanpa perlu pergi ke dokter atau rumah sakit, di antaranya: 

1. Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam hangat adalah cara yang baik untuk meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi pembengkakan pada selaput lendir. Garam memiliki sifat antiinflamasi yang berperan penting dalam mengurangi proses peradangan. 

2. Makanan yang Kaya Vitamin C

Vitamin C dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Aneka makanan, seperti: jeruk, stroberi, paprika merah, dan brokoli mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Mengonsumsi makanan-makanan ini dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh dari pilek. 

3. Jahe

Rempah yang satu ini memiliki sifat antiradang dan antimikroba. Bahan ini dapat membantu meredakan sumbatan pada hidung tersumbat dan mengurangi batuk. Anda bisa membuat teh jahe atau menambahkan potongan jahe ke dalam makanan kesukaan.  

4. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini mengandung senyawa allicin dengan sifat antivirus dan antimikroba. Mengonsumsi bawang putih mentah atau menambahkannya ke dalam makanan dapat membantu melawan infeksi pilek.   

5. Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki sifat antimikroba dan antiradang. Dengan mengonsumsinya secara rutin, Anda dapat membantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan yang sakit. Anda bisa mencampurkan madu ke dalam teh jahe atau meminumnya secara langsung.  

6. Air Putih  

Meskipun bukan bahan alami yang khusus, tetapi minum banyak air tetap merupakan langkah penting dalam mengatasi pilek. Air membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, mengencerkan lendir, dan meredakan tenggorokan yang teriritasi. Pastikan Anda minum setidaknya 8 gelas air sehari, terutama saat sedang mengalami pilek. 

7. Mentimun

Mentimun adalah bahan yang kaya akan air dan nutrisi, seperti vitamin K, vitamin C, dan serat. Mengonsumsi mentimun dapat membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk salad atau memotong mentimun menjadi irisan kecil yang bisa dimakan sebagai camilan sehat. 

Deretan obat pilek alami di atas dapat bekerja dengan efektif untuk meredakan gejala pilek tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan kimiawi. Namun, apabila gejala pilek tak kunjung membaik, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.  

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category