Health

8 Ciri-Ciri Kanker Serviks, Perempuan Wajih Tahu!

By Erwin |

Kaum perempuan perlu mewaspadai adanya penyakit kanker serviks. Walaupun terkadang tak ada rasa sakit yang muncul, tetapi penyakit ini tetap menunjukkan ciri-ciri. Ciri-ciri kanker serviks biasanya ada di tubuh penderita.  

Kanker serviks menyerang leher rahim perempuan. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi HPV (Human Papilloma Virus). Pada mulanya kanker serviks tidak menimbulkan gejala yang jelas. Namun, ketika sudah sampai stadium lanjut, baru menunjukkan ciri-cirinya. 

8 Ciri-Ciri Kanker Serviks

Berikut adalah ciri-ciri kanker serviks yang perlu diwaspadai para perempuan: 

1. Pendarahan vagina

Pendarahan yang tidak wajar pada vagina bisa menjadi ciri-ciri dari kanker serviks. Pendarahan pada vagina bisa menjadi gejala stadium awal penyakit ini. Pendarahan ini dapat terjadi setelah berhubungan badan, usai menopause, dan di antara masa menstruasi.

2. Keputihan tidak biasa

Keputihan yang tidak normal bisa menjadi ciri-ciri kanker serviks. Pada kaum wanita, keputihan bisa terjadi kapan saja. Namun, pada kanker serviks, keputihan jadi lebih encer, berbau menyengat, teksturnya tak lagi kental, dan konsistensi cairannya juga berubah. 

3. Nyeri saat berhubungan badan

Pada stadium lanjut, kanker serviks dapat menimbulkan rasa nyeri di bagian panggul saat sedang berhubungan badan. Rasa sakit yang ditimbulkan bisa mengakibatkan rasa yang sangat tidak nyaman, sehingga mengganggu aktivitas dan dapat menurunkan gairah seksual.

4. Kelelahan yang ekstrem

Rasa kelelahan ini terjadi karena pendarahan pada vagina. Pendarahan ini terjadi terus-menerus dan bisa menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah. Akibatnya, penderita akan mengalami anemia dan rasa kelelahan yang ekstrem.  

5. Sering buang air kecil

Ciri-ciri kanker serviks yang selanjutnya adalah sering buang air kecil. Frekuensi buang air kecil bisa meningkat karena sel-sel kanker yang tumbuh dan berkembang hingga ke kandung kemih. Akibatnya, penderita bisa mengalami masalah saat akan buang air kecil. 

6. Pembengkakan pada tungkai

Kanker serviks dapat menyebabkan benjolan kanker yang menekan pembuluh darah di panggul. Kondisi ini bisa menghambat sirkulasi darah ke tungkai. Akibatnya, tungkai bisa membengkak karena kekurangan sirkulasi darah.

7. Terdapat darah pada urine

Ditemukannya bercak darah pada urine bisa menjadi salah satu ciri kanker serviks. Pendarahan pada urine bisa terjadi karena sel-sel kanker yang tumbuh hingga di kandung kemih. Jadi, jika ditemukan pendarahan pada urine, segera periksakan ke dokter. 

8. Feses dan urine keluar dari vagina

Fungsi vagina bisa terganggu karena kanker serviks. Ini terjadi karena adanya fistula yang tumbuh di antara kandung kemih dan vagina atau vagina dan rektum. Kebocoran urine dapat terjadi karena adanya fistula ini.

Kanker serviks merupakan penyakit berbahaya yang biasa menyerang kaum perempuan. Biasanya penyakit ini menimbulkan ciri-ciri kanker serviks yang bisa dikenali. Apabila sudah muncul ciri-ciri ini, maka segera periksakan diri ke dokter. 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category