Health

8 Obat Kolesterol Alami yang Ampuh

By Erwin |

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan stroke. Namun, tak perlu khawatir, karena kini ada obat kolesterol alami yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol. 

Kolesterol tinggi umumnya terjadi ketika total kadar kolesterol dalam darah mencapai lebih dari 240 mg/dL.

8 Obat Kolesterol Alami

Obat kolesterol alami sering kali dikonsumsi bersamaan dengan pengobatan medis untuk membantu mengontrol kadar kolesterol sekaligus mengurangi risiko komplikasi, seperti penyakit jantung. 

Agar kadar kolesterol dalam darah tetap normal, berikut adalah obat kolesterol alami yang dapat dikonsumsi:

1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan umbi-umbian yang sering digunakan sebagai bahan masakan. Selain itu, bawang putih juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol secara alami.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan memperlambat proses aterosklerosis. Selain itu,  mengonsumsi bawang putih selama 1-3 bulan juga membantu menurunkan kadar kolesterol.

2. Daun Salam

Daun salam adalah salah satu solusi alami yang efektif untuk menurunkan kolesterol. Kandungan senyawa flavonoidnya berperan sebagai antioksidan kuat yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.   

3. Jus Tomat

Senyawa likopen di dalam tomat bisa meningkatkan kadar lipid dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa jus tomat dapat meningkatkan kandungan likopen di dalamnya.

4. Jahe

Tak hanya untuk menghangatkan tubuh, rimpang ini juga dikenal bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini membuat jahe dianggap dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan berperan penting di dalam pengobatan kolesterol alami.

5. Kacang Kedelai

Produk kedelai seperti tahu, susu kedelai, dan tempe merupakan sumber protein rendah lemak. Dengan kata lain, bahan makanan ini bisa digunakan sebagai pengganti makanan tinggi lemak seperti daging sapi.

Dengan cara ini, jumlah keseluruhan kolesterol yang ada di dalam tubuh bisa dikurangi.

6. Teh Hijau

Teh hijau merupakan teh herbal yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Menurut sebuah penelitian, konsumsi teh hijau secara teratur dapat menurunkan kolesterol lebih cepat. Namun, ingatlah untuk minum teh hijau secukupnya dan jangan berlebihan.

7. Alpukat

Mengonsumsi alpukat sekali sehari dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol LDL ( kolesterol baik) pada orang yang mengalami obesitas (kelebihan berat badan). 

Ini karena kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan beta-sitosterol atau sejenis lemak nabati yang terdapat pada di alpukat dapat menurunkan kolesterol.

8. Daun Kelor

Daun kelor telah lama dikenal karena khasiatnya. Daun ini kelor dipercaya dapat mengalahkan obesitas dan menurunkan kadar kolesterol berkat kandungan flavonoid dan taninnya.

Kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, jagalah kadar kolesterol dengan mengonsumsi obat kolesterol alami. Jika kadar kolesterol yang dimiliki cukup tinggi, periksakan diri ke dokter secara rutin.  

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category