Health

Ampuh dan Cepat, Inilah 5 Makanan Pelancar Asi untuk New Moms

By Erwin |

Anda seorang new moms yang sedang menyusui buah cinta pertama Anda bersama pak suami? Tidak perlu panik berlebih jika asi yang Anda hasilkan belum seperti ibu-ibu di luar sana. Itu merupakan hal yang wajar dan dapat ditangani dengan cara alami. Agar Asi Anda dapat mengalir deras dan kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi, yuk coba 5 makanan pelancar Asi berikut ini!

1. Daun Pepaya

Tahukah Anda, ternyata daun pepaya merupakan salah satu makanan yang dapat membantu melancarkan Asi, lho. Beberapa penelitian terkait daun pepaya menunjukkan bahwa daun pepaya dan ekstraknya dapat meningkatkan produksi ASI. Anda dapat mengubahnya menjadi beragam tumisan. AGar tidak pahit, campurkan dengan daging atau beberapa makanan kesukaan lainnya.

2. Daun Katuk

Berikutnya adalah melancarkan ASI secara alami menggunakan daun katuk. Daun yang satu ini telah menjadi rahasia umum para ibu-ibu pejuang ASI untuk melancarkan aliran pasca operasi caesar. Kandungan galactogogue  yang terdapat di dalamnya, diketahui dapat membantu ibu-ibu dalam produksi ASI. Beberapa kandungan penting pelancar ASI lain yang terdapat di dalam daun katuk antara lain adalah polifenol dan steroid.

3. Daun Kelor

Makanan pelancar ASI berikutnya adalah daun kelor. Sama dengan daun katuk, daun kelor juga dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang mampu mendukung peningkatan produksi ASI. Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya, yakni vitamin A, vitamin B, dan vitamin C, serta asam folat, kalium, kalsium, magnesium, zat besi, dan seng yang terdapat di dalamnya sangat membantu ibu-ibu dalam melancarkan aliran ASI.

Bahkan tak hanya itu, daun kelor juga diketahui mengandung asam amino yang baik untuk menambah nutrisi ibu menyusui. Galactogogue yang ada di dalamnya juga membuat kuantitas ASI menjadi lebih optimal. Bahkan, daun kelor juga dapat mencegah terjadinya kelelahan  pasca melahirkan.

4. Bayam

Makanan pelancar ASI selanjutnya adalah bayam. Selain mudah ditemui di pasaran makanan ini juga dikenal memiliki harga yang relatif murah. Kandungan zat besi dan fitoestrogen yang ada di dalamnya, diyakini mampu meningkatkan produksi ASI. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai makanan lezat dan kudapan gurih.

5. Wortel

Terakhir adalah wortel. Sayuran yang dikenal mengandung banyak vitamin A ini sangat mudah didapatkan di pasaran. Kandungan fitoestrogen dan phytoestrogens  yang dimilikinya sangat mendukung kualitas ASI yang dihasilkan Ibu-ibu menyusui. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai makanan lezat seperti misal sayur sop, tumis wortel, dan lain sebagainya. Jika tidak suka dimasak, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus atau minuman sehat lainnya.

Demikian 5 makanan pelancar ASI yang bisa dijadikan referensi untuk melancarkan produksi ASI ibu menyusui. Agar tidak salah dalam mengolah makanan, jangan sungkan untuk konsultasi dengan dokter atau ahli gizi yang Anda kenal. 

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category