Mom & Kids

Anak Panas, batuk, dan Pilek Harus Memilih Obat yang Tepat dengan Cara Berikut

By Admin |

Ketika anak panas, batuk dan pilek, hati orang tua rasanya pasti tak tenang dan khawatir. Wajar saja, karena beberapa orang tua beranggapan jika anak terserang panas, batuk, dan pilek merupakan gejala demam berdarah. 

Namun, ketika anak panas, batuk, pilek, ada baiknya Anda tak perlu khawatir secara berlebihan. Lebih baik jika Anda tahu penyebab anak panas, batuk, dan pilek. Ini penting supaya Anda dapat dengan mudah mengatasi kondisi tersebut dan bisa memberikan obat panas batuk pilek anak yang bagus dan tepat. 

Penyebab Anak Panas, Batuk, dan Pilek

  • Infeksi Virus

Virus adalah salah satu penyebab batuk dan pilek. Saat anak terserang virus, otomatis tubuh akan merespon dengan cara menaikkan suhu. Di saat itu, sel darah putih tengah jalankan fungsi menjadi benteng pertahanan. Jadi, wajar anak alami panas saat terkena batuk dan pilek karena virus. 

Panas anak dapat naik dan turun jika virus dari tubuh anak belum hilang. Pada prinsipnya, infeksi yang disebabkan virus tak perlukan obat karena bisa sembuh sendirinya. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu panik saat anak panas, batuk, dan pilek karena virus, kondisi anak nantinya akan membaik dalam waktu paling lama 14 hari. 

  • Infeksi Bakteri

Selain karena infeksi virus, batuk dan pilek pada anak pun dapat disebabkan bakteri. Sama dengan virus, bakteri yang masuk ke dalam tubuh anak pun bisa sebabkan suhu tubuh anak alami peningkatan. Namun bedanya, infeksi bakteri tak bisa sembuh dengan sendiri. Bakteri harus dilemahkan menggunakan antibiotik. 

Jadi, saat anak panas, batuk, pilek karena bakteri, Anda harus segera berikan antibiotik yang dokter rekomendasikan. Biasanya kondisi anak akan menjadi membaik setelah 3 sampai 5 hari mengonsumsi antibiotik hingga habis. 

Kondisi panas, batuk, dan pilek pada anak tentu akan membantu mereka. Maka dari itu, para orang tua berusaha mengatasinya dengan memberikan obat pada anak. Namun, memberikan obat pada anak tak bisa sembarang. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara memilih obat panas batuk pilek anak yang bagus. 

Nah, berikut ini beberapa cara tersebut. 

Cara Memilih Obat Panas, Batuk, Pilek untuk Anak

  • Mengecek Kandungan Obat

Pastinya Anda perlu untuk periksa dulu apa kandungan yang ada dalam obat panas, batuk, dan pilek anak yang akan diberikan. Baca secara cermat daftar bahan serta kandungan tertera di kemasan obat. 

Sejumlah contoh kandungan aman dan umum dipakai pada obat panas, batuk, dan pilek anak adalah guaifenesin dan bromhezine. Dua kandungan ini dapat atasi masalah batuk yang berdahak. Lalu, ada pula kandungan PE (Phenylephrine) yang bekerja menjadi dekongestan untuk legakan hidung tersumbat saat flu. Selain itu, ada pula kandungan DPH (diphenhydramine) yang akan bekerja untuk tekan pusat batuk serta memiliki fungsi sebagai antihistamin untuk ringankan gejala batuk tak berdahak dan sejumlah gejala flu yang lain. Misalnya sakit kepala, hidung tersumbat, demam, serta bersin-bersin. 

  • Memilih Obat Panas, Batuk, dan Pilek dengan Rasa yang Anak Sukai

Biasanya, obat panas, batuk, pilek untuk diformulasikan dengan berbagai macam rasa yang anak-anak sukai. Tujuannya supaya anak tak merasa takut meminum obat. Pasalnya, biasanya di dalam pemikiran anak, obat diidentikkan dengan rasa pahit dan tak enak. Pilihan rasa obat anak biasanya seperti stroberi dan jeruk manis. 

  • Mengikuti Dosis Pemberian serta Aturan Pakai

Obat tak dapat dikonsumsi secara sembarangan. Di mana artinya, Anda harus ikuti dosis dan aturan pakai obat sebelum diberikan ke anak. Dengan demikian, Anda dapat menjamin bahwa anak dapat menerima manfaat dari obat dengan optimal dan dosis sesuai umur, dan tak akan alami gejala efek samping yang berlebihan. 

Demikianlah cara memilih obat panas batuk pilek anak yang bagus dan tepat. Jika kondisi anak tak kunjung membaik dalam beberapa hari, Anda sebaiknya segera membawa si kecil ke dokter. 

Share

Trending Article

Tips Memilih Vitamin Penggemuk Badan dari Buah dan Sayur Agar Mencapai Keseimbangan Nutrisi Optimal

Vitamin B6 untuk Apa? Ini 5 Manfaatnya!

7 Vitamin Tulang

Manfaat Vitamin B Complex Yang Bagus

Tak Hanya Berfungsi Menjaga Kesehatan Mata, Ternyata Ini Dia Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Yuk Kenali Berbagai Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan Tubuh

Article Category