Health

Apa Itu Penyakit Hernia? Berikut Penjelasan Lengkapnya

By Erwin |

Hernia biasa dijuluki dengan turun berok, dimana terjadi penonjolan pada sekitar pinggul sampai dengan selangkangan. Penyakit sering kali terjadi pada pria dewasa dengan ditandai rasa nyeri seperti terbakar. Apa itu penyakit hernia? Penyakit satu ini bisa terjadi saat bagian organ dalam mendorong adanya benjolan di dalam otot sehingga jaringan menjadi lemah. 

Seseorang yang divonis penyakit hernia, biasanya disarankan untuk segera melakukan operasi. Namun untuk beberapa gejala ringan, penderita disarankan untuk mengonsumsi obat, terapi, dan perawatan tertentu yang membuat bagian organ kembali normal. Bagi anda yang belum tahu banyak tentang penyakit hernia, maka bisa simak beberapa penjelasan berikut ini. 

Sekilas Tentang Penyakit Hernia

Sudah dijelaskan sebelumnya, penyakit hernia bisa terjadi ketika organ dalam tiba-tiba dapat mendorong benjolan di dalam otot serta jaringan lemah. Penyebab utama terjadinya hernia karena sering melakukan aktivitas berat yang berlebihan, misalnya angkat beban berkali-kali. Wajar kalau hernia sering kali dialami oleh pria dewasa yang notabene sering bekerja keras. 

Namun penyakit hernia ternyata bisa menyerang wanita sesuai hasil sebuah penelitian yang dikemukakan pada tahun 2021. Penelitian tersebut membuktikan bahwa tahun 2021 ada sekitar 90% penderita hernia diderita oleh pria, sedangkan 10% lainnya kalangan wanita. Hernia sendiri terdiri atas bermacam-macam, jadi tidak hanya satu jenis. 

Gejala Hernia yang Umum Terjadi

Apa itu penyakit hernia? Sebelumnya sudah dijelaskan bahwasannya hernia terjadi akibat bagian dalam organ dalam wanita menonjol keluar. Gejala apa saja yang akan dialami oleh penderita hernia? Kira-kira gejala umum yang akan dirasakan penderita hernia adalah sebagai berikut. 

  • Munculnya benjolan yang ada di sekitar perut bahkan sampai bagian selangkangan. 
  • Terjadinya peningkatan volume benjolan dari waktu ke waktu.
  • Rasa nyeri pada bagian benjolan yang bisa mempengaruhi ketika anda sedang melakukan beraktivitas. 
  • Pada jenis hernia hiatal, gejalanya tidak lagi dalam bentuk benjolan melainkan muncul rasa mulas, muntah, dan nyeri dada berkepanjangan. 

Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Hernia?

Ketika anda sedang berkonsultasi mengenai hernia, maka umumnya dokter akan memberikan saran untuk melakukan CT-Scan. Untuk mengobati hernia yang makin besar dan sering timbul rasa nyeri, maka salah satu tindakan pengobatannya dengan melakukan operasi. Operasi hernia bisa dilakukan secara terbuka atau laparoskopi, tergantung tingkat keparahan hernia sendiri. 

Tips Mencegah Penyakit Hernia

Untuk melakukan pencegahan penyakit hernia, maka anda bisa mencoba mencegahnya dengan cara merubah pola hidup yang lebih sehat. Namun bagi yang sudah menjalankan operasi, maka bisa mulai hidup sehat setelah bagian lukanya mulai sembuh. 

  • Hindari mengangkat beban berat
  • Olahraga rutin dengan latihan otot secukupnya
  • Perhatikan asupan gizi dalam tubuh agar selalu seimbang
  • Hindari kebiasaan merokok
  • Ketika melakukan BAB, maka hindari memberi tekanan terlalu berlebihan pada tubuh. Sudah paham kan apa itu penyakit hernia?

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category