Health

Apa Penyebab Penyakit Asma? Berikut Jawabannya Lengkap

By Admin |

Apa penyebab penyakit asma? Asma merupakan penyakit kronis saluran pernapasan yang ditandai terjadinya sesak karena adanya penyempitan dan peradangan pada saluran napas. Pada umumnya penderita asma memiliki saluran pernapasan yang lebih sensitif daripada orang normal. Saat didapati adanya pemicu asma, secara otomatis otot-otot di saluran pernapasan menjadi kaku dan menyebabkan penyempitan saluran pernapasan.

Gangguan kesehatan asma bisa dialami semua kelompok usia, muda ataupun tua. Kira-kira apa penyebab gangguan kesehatan ini? Sebenarnya sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab penyakit asma. Akan tetapi, disinyalir ada beberapa hal yang dapat memicu munculnya gejala asma diantaranya:

1. Aktivitas Fisik yang Membuat Kelelahan

Aktivitas dengan intensitas berat yang membuat kelelahan dapat menjadi penyebab asma. Inilah mengapa bagi penderita asma dianjurkan untuk membatasi aktivitasnya, termasuk olahraga. Olahraga pada dasarnya dianjurkan karena bagus untuk kesehatan tapi jika dilakukan secara berlebihan malah berisiko membuat asma kambuh. Karenanya penting untuk mengambil waktu istirahat terutama saat sudah merasa sedikit kelelahan.

2. Polutan di Lingkungan Sekitar

Adanya polutan di lingkungan sekitar seperti asap kendaraan, asap rokok, atau debu juga dapat memicu kambuhnya asma. Polutan itulah yang akan membuat saluran pernapasan menyempit dan terjadi sesak napas. Bukan hanya polutan seperti debu atau asap kendaraan, beberapa hal dari lingkungan seperti serbuk bunga, bulu hewan, tungau, atau ruangan lembab dapat memicu asma.

3. Mengonsumsi Makanan atau Minuman dengan Kandungan Sulfit

Penyebab ini ditemui pada beberapa penderita asma. Karenanya bagi penderita asma ada beberapa jenis makanan atau minuman yang harus dihindari. Misalnya saja makanan atau minuman yang mengandung sulfit atau bahan pengawet seperti makanan cepat saji, minuman kemasan sari buah, minuman beralkohol, dan makanan olahan lainnya.

4. Penggunaan Obat-Obatan Tertentu

Penggunaan obat-obatan jenis tertentu ternyata juga dapat menyebabkan asma kambuh. Contohnya obat-obatan penghambat beta yang umumnya diresepkan kepada penderita hipertensi atau sakit jantung. Beberapa obat pereda nyeri anti inflamasi non steroid seperti ibuprofen, aspirin, dan naproxen juga menjadi jenis obat yang harus dihindari penderita asma.

5. Mengalami Stress

Hal apa penyebab penyakit asma berikutnya adalah stress. Stress yang dialami sebenarnya tidak hanya berdampak buruk pada psikis saja. Stress yang Anda alami juga berisiko mempengaruhi kesehatan Anda seperti menjadi pemicu asma. Karenanya kelola pikiran dan emosi Anda dengan baik, hindari stress sebaik mungkin.

Kini tentu Anda sudah mengetahui macam-macam penyebab asma, namun hal tersebut belum cukup. Anda juga harus memastikan apakah Anda menderita asma atau tidak caranya dengan berkonsultasi kepada dokter. Jika memang Anda mengidap asma, maka menghindari apa penyebab penyakit asma adalah keharusan.

Share

Trending Article

Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Article Category