Health

Apa Saja Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan? Cari Tahu Yuk!

By Admin |

Daun kelor memiliki bentuk daun yang kecil dan siapa sangka terkandung nilai gizi yang tinggi di dalamnya. Secara tradisional daun kelor banyak digunakan untuk membuat jamu atau obat herbal tradisional. Apakah memang seefektif itu manfaat daun kelor? Mari cari tahu jawabannya!

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Banyak orang mengolah daun kelor menjadi makanan sehat, terutama untuk ibu menyusui. Karena ternyata daun kelor dapat meningkatkan produksi ASI. Tentu ini bukan satu-satunya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pengonsumsian daun kelor. Adapun berikut ini beberapa manfaat daun kelor yang perlu Anda ketahui:

  • Menurunkan Tekanan Darah

Diketahui di dalam daun kelor terkandung antioksidan jenis quercetin yang berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, ada juga kandungan kalium yang turut menjaga tekanan darah dalam tubuh. Karena inilah pengonsumsian daun kelor menjaga tekanan darah tetap normal dan sekaligus menekan risiko hipertensi.

  • Membantu Melawan Peradangan

Manfaat lain dari daun kelor yaitu melawan peradangan. Hal ini berkat adanya kandungan isothiocyanates yang bersifat anti inflamasi. Ada juga kandungan niazimicin yang dikatakan mampu mengontrol perkembangan sel kanker.

Saat Anda mengalami cedera atau infeksi, maka akan terjadi peningkatan peradangan pada tubuh. Peradangan ini sebenarnya bentuk perlindungan akan trauma yang terjadi. Hanya saja pola hidup yang salah ternyata dapat pula meningkatkan peradangan. Di mana peradangan jangka panjang berisiko menimbulkan penyakit kronis seperti penyakit autoimun, arthritis, hingga kanker.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat daun kelor lainnya adalah membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini berkat adanya kandungan antioksidan berupa asam klorogenat yang akan menstabilkan kadar gula di dalam darah. Ada pula kandungan isothiocyanate yang juga membantu menjaga kadar gula tetap normal.

Tentunya kadar gula darah tidak boleh tinggi. Kondisi kadar gula darah tinggi berisiko menyebabkan diabetes yang juga dapat berdampak pada gangguan kesehatan lain. Misalnya saja masalah jantung atau kerusakan organ tubuh lainnya.

  • Menurunkan Kolesterol

Seperti halnya almond, gandum, dan biiji rami olahan makanan sehat dari daun kelor melawan kolesterol tinggi. Karenanya mengonsumsi sayur daun kelor tidak hanya bagus untuk ibu menyusui. Melainkan juga bagus untuk Anda yang memiliki risiko kolesterol yang mana juga menjadi penyebab utama sakit jantung.

  • Menjaga Kesehatan Hati

Bagi penderita penyakit tuberkulosis, kandungan dalam daun kelor dapat mempercepat proses penyembuhan. Hal ini karena konsentrasi polifenol di dalamnya yang tinggi. Polifenol itulah yang berperan dalam menjaga tubuh dari kerusakan oksidatif pada hati.

Demikian beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan. Siapa sangka daun kelor yang pohonnya mudah tumbuh di mana saja termasuk di lahan yang tidak terlalu subur memiliki manfaat luar biasa. Jika bisa mengupayakan kesehatan dengan memanfaatkan tanaman di sekitar mengapa harus menunggu sakit? Mari jaga kesehatan diri sendiri dan orang tersayang mulai sekarang.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category