Health

Apakah Boleh Berhubungan Saat Hamil? Boleh, Simak Ulasan Selengkapnya

By Erwin |

Memang tak jarang ibu hamil banyak yang merasa takut saat akan melakukan hubungan intim. Kebanyakan dari mereka khawatir bahwa hubungan intim akan mengganggu kesehatan janin. Apakah boleh berhubungan saat hamil? Pada umumnya berhubungan intim saat hamil sangat diperbolehkan asalkan dilakukan dengan cara tepat dan bisa sesuai dengan aturan dokter. 

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan hubungan intim yaitu memperhatikan posisi dalam berhubungan. Apalagi kalau ukuran perut ibu hamil sudah membesar, maka pastinya akan tidak nyaman saat berhubungan dengan posisi tertentu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan hubungan intim dengan nyaman dan aman. 

Frekuensi Hubungan Intim

Baiknya berapa kali dalam seminggu melakukan hubungan intim? Ibu hamil dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual tidak lebih dari 3 kali dalam seminggu. Berhubungan intim yang terlalu sering akan berisiko membuat ibu hamil rentan mengalami risiko infeksi saluran kemih. Setelah melakukan hubungan intim, bumil juga wajib buang air kecil dan membasuh vaginanya. 

Posisi Dalam Berhubungan Intim

Cara mudah melakukan hubungan intim saat hamil dengan memperhatikan posisi nyaman dan aman. Saat usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua, biasanya ukuran perut akan besar dan membuat ibu merasa tidak nyaman. Posisi berhubungan intim yang cocok bagi ibu hamil yaitu woman on top, dimana istri berada di atas tubuh suami agar tidak mengalami tekanan. 

Kandungan Sehat

Jika ada pertanyaan apakah boleh berhubungan saat hamil? Jawabannya boleh asalkan kondisi kehamilan anda sehat dan tidak ada masalah apapun. Untuk memantau kondisi kehamilan, maka anda diwajibkan melakukan pemeriksaan rutin dan melakukan konsultasi kepada dokter. Hindari melakukan hubungan intim saat sering mengalami ketuban pecah, infeksi, dan lainnya. 

Hindari Hubungan Intim Saat Hamil Muda

Ketika kandungan baru memasuki trimester pertama, sebaiknya hindari melakukan hubungan intim. Umumnya sperma mengandung senyawa prostaglandin yang bisa memicu kontraksi dini penyebab keguguran. Ibu hamil terkadang juga sering mengalami morning sickness saat hamil muda, sehingga hasrat seksual sedang menurun atau ingin banyak-banyak istirahat. 

Tidak Memiliki Riwayat Pendarahan

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, anda boleh melakukan hubungan intim asalkan tidak ada masalah pada kandungan. Pendarahan merupakan salah satu riwayat gangguan kesehatan yang sering dialami oleh beberapa wanita hamil. Jika seringkali mengalami pendarahan, maka jangan coba-coba melakukan hubungan intim selama hamil karena menimbulkan risiko bahaya. 

Pendarahan yang sering terjadi selama kehamilan biasanya terjadi karena plasenta previa akan melekat pada bagian bawah atau dekat rahim. Calon ibu yang mengalami plasenta previa rentan mengalami pendarahan saat berhubungan intim. Oleh sebab itu jika ada pertanyaan apakah boleh berhubungan saat hamil? Boleh, asalkan memenuhi beberapa persyaratan yang dijelaskan di atas.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category