Health

Apakah Kentang Bagus Untuk Diet? Ini Jawabannya

By Erwin |

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat, dan banyak yang memanfaatkannya sebagai pengganti nasi khususnya bagi kebanyakan orang yang menjalani diet. Ditambah kentang juga mudah diolah, rasanya enak dan mudah dikombinasikan dengan beragam jenis makanan lain. Banyak dikonsumsi saat diet, memangnya apakah kentang bagus untuk diet? Simak pembahasannya berikut. 

Mengkonsumsi Kentang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan?

Kentang mengandung banyak nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh kita. Di dalamnya terkandung kalium yang bahkan kandungan kaliumnya tersebut lebih tinggi daripada pisang, juga ada vitamin C, vitamin B6, kalsium, zat besi, dan banyak lagi. 

Apakah kentang bagus untuk diet? Kentang memang bisa membantu mengontrol berat badan. Beberapa alasannya yaitu yang pertama, kentang membuat anda kenyang lebih lama karena setelah mengkonsumsinya akan memberikan kepuasan yang tinggi. 

Alasan kedua adalah kentang mengandung serat, yang mana serat dipercaya bisa membuat anda kenyang lebih lama juga, sehingga nafsu makan jadi terkontrol. Tak hanya itu, kandungan serat pada kentang juga bisa membantu melancarkan pencernaan serta mencegah sembelit. 

Akan tetapi, makan kentang untuk diet tergantung bagaimana cara kentang tersebut dimasak/diolah dan dimakan. Harus diingat meskipun kentang mengandung banyak nutrisi, kentang juga memiliki indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemik tinggi membuat karbohidrat pada kentang dipecah menjadi gula secara cepat. Sehingga gula darah menjadi naik lebih cepat dan tentunya hal tersebut berdampak negatif bagi yang menderita diabetes serta bisa meningkatkan penyimpanan lemak dan juga resiko obesitas.

Namun, makanan yang indeks glikemik-nya tinggi tidak berarti selalu berkaitan dengan diabetes dan obesitas. Seperti apa indeks glikemik tinggi pada kentang mempengaruhi gula darah tentunya tergantung banyak faktor, misalnya seperti tadi, yaitu bagaimana cara kentang tersebut dimasak serta bagaimana cara kentang tersebut dimakan. Jadi, meskipun kentang memiliki indeks glikemik tinggi, belum tentu kentang mengakibatkan kegemukan/obesitas. 

Cara Memasak Kentang Untuk Diet Agar Efektif

Berdasarkan poin penjelasan sebelumnya, anda memahami bahwa kentang bisa membantu mengontrol berat badan namun tergantung bagaimana kentang dimasak dan dimakan. Cara mengolah kentang untuk diet jangan sampai salah. Ada beberapa cara mengolah/mengkonsumsi kentang supaya indeks glikemik-nya lebih rendah sehingga efektif untuk diet.

  • Jangan makan kentang dalam keadaan panas, karena indeks glikemik lebih tinggi saat kentang dalam keadaan panas daripada dingin. Contoh hidangan untuk diet dengan olahan kentang adalah salah kentang
  • Makanlah kentang dengan makanan yang mengandung sumber protein (seperti ikan) serta lemak sehat (seperti minyak zaitun)
  • Makanlah kentang dengan kulitnya juga, namun pastikan kentang sudah dibersihkan dengan baik
  • Hindari mengolahnya dengan cara digoreng

Jangan sampai mengkonsumsi kentang secara berlebihan, karena jika mengkonsumsi kentang secara berlebihan dapat membuat diet anda gagal. Itu dia pembahasan mengenai apakah kentang bagus untuk diet dan bagaimana cara mengolahnya agar efektif dikonsumsi saat diet, semoga membantu.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category