Health

Atasi Biduran Yang Mengganggu Penampilan dengan Cara yang Tepat

By Admin |

Kalian pasti pernah mendengar tentang penyakit ini dong, yups biduran namanya. Atau kalian juga ada yang pernah terkena penyakit kulit ini ? pasti rasanya sangat gatal dan pastinya kondisi itu akan mengganggu aktivitas kita sehari – hari. Nah pas banget nih, sekarang kita akan membahas tentang bagaimana cara menyembuhkan biduran. Yuk simak penjelasan lengkapnya.

Apa Sih Itu Biduran dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Hal apa yang pertama kalian pikirkan jika mendengar penyakit biduran? Yups, bener banget biduran adalah salah satu penyakit kulit dimana penderitanya akan merasakan sensasi gatal dan kemerahan pada kulit.

Mengetahui hal tersebut pasti akan menjengkelkan jika saja kamu mengalami penyakit tersebut, pastinya. Karena pasti akan mengganggu aktivitas kamu sehari – hari, dan tentunya akan sangat menganggu penampilan karena efek kemerahan yang ditimbulkan dari penyakit ini.

Dalam beberapa kasus umumnya, biduran tergolong pada penyakit ringan dan akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa saat setelah penderita mengonsumsi obat-obatan. Akan tetapi jangan menyepelekan penyakit ini, karena dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa biduran ini juga dapat berlangsung dalam waktu yang cukup lama yaiu sekitar beberapa minggu dan itu terjadi secara berulang. Pada kondisi ini dapat disebut dengan sebagai biduran kronis.

Wih ngeri juga yah, terus bagaimana untuk membedakan apakah biduran ini masuk ke dalam kategori ringan atau biduran kronis ? Agar kita dapat menemukan cara menyembuhkan biduran yang tepat.

Biduran atau urtikaria ini biasanya ditandai dengan adanya kemunculan bentol ataupun ruam kemerahan yang juga disertai dengan rasa gatal. Kemudian berdasarkan dari jenisnya, biduran ini dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu biduran akut dan biduran kronis.

Untuk biduran akut ini biasanya akan berlangsung lebih lama jika dibandingkan dengan biduran kronis yaitu berlangsung selama lebih dari 6 minggu, kemudian untuk biduran ringan biasanya hanya kana bertahan selama kurang dari 6 minggu.

Biduran merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat adanya reaksi alergi pada suatu benda ataupun zat asing, yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh pada seseorang akan mengeluarkan histamin. Histamin itulah yang dapat menyebabkan munculnya tanda dan gejala biduran.

Selain dari reaksi alergi, biduran ini juga dapat dipicu oleh beberapa faktor lain, seperti ketika seseorang sedang dalam keadaan stres, kemudian reaksi terhadap suhu panas, ataupun penyakit tertentu, misalnya penyakit tiroid atau kanker.

Lalu bagaimana cara menyembuhkan biduran ? untuk menyembuhkan biduran terdapat beberapa cara sederhana yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi rasa gatalnya. Cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Gunakan kompres dingin 

Cara untuk menyembuhkan biduran ringan yang cukup praktis dan dapat dicoba di rumah yaitu adalah dengan menggunakan kompres air dingin. Kompres dingin ini dapat membantu dalam meredakan efek  iritasi pada kulit. Caranya adalah dengan menyiapkan es batu atau air es yang kemudian dibungkus dengan menggunakan handuk dan setelah itu dapat langsung diaplikasikan pada area biduran selama kurang lebih 10 menit. 

2. Mandi dengan larutan penghilang gatal

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan biduran secara alami yaitu adalah dengan mandi menggunakan produk khusus yang dapat menghilangkan rasa gatal. Beberapa bahan tersebut adalah seperti oatmeal koloid dengan kolaborasi bersama soda kue yang dapat digunakan sebagai bahan campuran ke dalam air mandi untuk mengurangi gatal biduran. 

3. Hindari produk yang dapat mengiritasi kulit 

Cara mudah yang juga dapat digunakan untuk mengobati biduran serta dapat mencegah penyakit tersebut untuk kambuh lagi adalah dengan cara menghindari beberapa pemicu yang dapat menimbulkan alergi dan juga jangan menggunakan produk dengan kandungan yang dapat memicu iritasi. 

Kemudian kamu juga perlu menghindari beberapa jenis sabun yang dapat membuat kulitmu kering karena hal tersebut dapat memicu gatal yang lebih parah saat serangan biduran datang. Dan sebisa mungkin pastikan kamu untuk menggunakan sabun khusus kulit sensitif. 

4. Jaga kondisi tubuh tetap dingin

Cara selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk menyembuhkan biduran secara alami adalah dengan cara kamu perlu memiliki dukungan kondisi tubuh yang tetap dingin. Hal ini dikarenakan pada penderita biduran panas dan kondisi tubuh yang kegerahan dapat menjadi pemicu yang memperparah rasa gatal dari gejala biduran. Oleh sebab itu, perlunya untuk selalu menjaga suhu di rumah agar tetap sejuk dan nyaman. Kemudian penderita juga perlu untuk meminimalkan duduk terlalu lama di bawah paparan sinar matahari langsung.

Dari beberapa cara di atas jika dirasa tidak dapat memberikan hasil yang maksimal cara selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi obat – obatan yang dapat menyembuhkan biduran. Atau jika kamu merasakan gejala yang lebih berat jika dibandingkan dengan gejala yang umumnya ditunjukkan oleh penderita biduran maka segeralah untuk memeriksakan keadaan kamu pada instansi kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sekarang pun sudah ada banyak obat alami yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan ini, salah satu obatnya bisa langsung cek pada toko di link berikut naturalfarm.id.

Share

Trending Article

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Suplemen Pembentuk Otot: Jenis, Tips & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Article Category