Health

Begini Cara Menghilangkan Biduran dengan Cepat dan Mudah!

By Erwin |

Disitat dari laman American College of Allergy, Asthma, and Immunology, biduran atau urtikaria termasuk gangguan kulit yang umum terjadi. Sekitar 20% orang pernah mengalaminya sekali seumur hidup mereka. Kabar baiknya, ada sejumlah cara menghilangkan biduran dengan cepat yang akan membantu Anda meredakannya agar dapat kembali beraktivitas. 

Makanan penyebab alergi, konsumsi obat, gigitan serangga, cuaca, hingga infeksi adalah beberapa faktor yang kerap menyebabkan biduran. Adapun cara-cara yang bisa diaplikasikan untuk menangani gangguan ini mencakup:

  • Redakan dengan kompres dingin

Dilansir dari Healthline, menggunakan kompres dingin akan membantu meredakan iritasi kulit, tak terkecuali biduran. Cara menghilangkan biduran dengan cepat ini juga memakai benda-benda yang tersedia di rumah. Siapkan es batu yang Anda bungkus dengan handuk, lalu kompres perlahan pada area yang terkena biduran selama 10 menit.

  • Mandi memakai larutan penghilang gatal

Metode berikutnya yang dapat Anda praktikan adalah mandi menggunakan produk khusus yang ditujukan untuk menghilangkan sensasi gatal. Jika Anda belum sempat berkonsultasi dengan ahli, soda kue dan oatmeal koloid dapat dicampurkan ke dalam air yang akan dipakai untuk mandi. Sebelumnya, uji juga pada kulit yang terkena biduran untuk mengecek reaksinya.

  • Pakai losion atau obat biduran alami

Apakah cara-cara di atas belum membuahkan hasil yang diharapkan? Anda dapat mengandalkan losion atau obat alami sebagai cara menghilangkan biduran dengan cepat. Witch hazel adalah salah satu bahan alami yang mampu mengatasi iritasi pada kulit. Menyoal losion, carilah yang memakai kalamin sebagai salah satu bahan utamanya saat sedang mencari produk di apotek.

  • Konsumsi obat untuk redakan biduran

Selain menggunakan obat topikal seperti salep dan losion, Anda juga dapat mengandalkan obat pereda biduran. Obat antibiotik, kortikosteroid, dan antihistamin adalah beberapa jenis obat yang biasanya direkomendasikan. Namun sebelum mengonsumsinya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah efek samping yang tak diinginkan.

  • Hindari produk yang memicu iritasi kulit

Bukan hanya memperhatikan jenis obat, cara menghilangkan biduran dengan cepat berhubungan juga dengan pemicunya. Percuma saja Anda mengaplikasikan metode-metode di atas kalau belum mengetahui penyebab biduran pada kulit. Kalau pemicunya sudah ketahuan, baik itu makanan, benda, atau temperatur, segera hindari sebelum iritasi kulit semakin parah.

  • Pastikan kondisi tubuh tetap dingin

Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi tubuh. Bagi Anda yang mudah biduran, pastikan temperatur tubuh tetap dingin atau berada di suhu normal. Banyak orang dengan alergi yang bidurannya kambuh gara-gara kegerahan. Memastikan suhu sesuai kondisi tubuh memang terkesan merepotkan, tetapi membuat Anda nyaman beraktivitas.

Mudah-mudahan dengan mengikuti cara menghilangkan biduran dengan cepat, Anda dapat terbantu mengatasinya sampai tuntas!

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category