Health

Berapa Kalori Nasi Putih dan Nasi Lainnya?

By Erwin |

Mengingat nasi merupakan makanan pokok kita, penting untuk memahami berapa kalori nasi yang kita konsumsi agar asupan kalori harian kita tidak berlebihan. Nasi putih merupakan jenis nasi yang sangat umum kita konsumsi. Akan tetapi, ternyata ada berbagai jenis nasi yang bisa menjadi alternatif untuk nasi putih.

Nasi Putih

Nah, nasi putih dengan berat 100 gram mengandung 112 kalori, sementara secentong nasi putih dengan berat sekitar 100 gram mengandung 129 kalori. Satu piring atau satu porsi memiliki 204 kalori. Dalam satu piring nasi putih, 89% di antaranya adalah karbohidrat, 9% protein, dan 2% lemak.

Namun, kandungan kalori yang berbeda akan ditemukan jika nasi putih tersebut dibuat menjadi nasi goreng atau nasi uduk, misalnya. Semangkuk nasi goreng mengandung 333 kalori, sementara semangkuk nasi uduk menghasilkan 260 kalori.

Nasi Merah

Nasi merah kerap dijadikan alternatif nasi putih yang dianggap lebih sehat. Namun, sebenarnya kandungan kalori dalam secentong nasi merah tidak berbeda jauh. Secentong atau kurang lebih 100 gram nasi merah menghasilkan 110 kalori.

Nasi merah dianggap lebih sehat bukan karena kandungan kalorinya melainkan kandungan nutrisi di dalamnya yang lebih banyak. Nasi merah juga lebih banyak mengandung serat dan memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan nasi putih. 

Beras Cokelat

Meskipun nasi merah adalah alternatif nasi putih yang sangat populer, sebenarnya ada banyak pilihan nasi alternatif yang dianggap lebih sehat yang salah satunya adalah beras cokelat. Dedak atau kulit air beras cokelat mengandung beberapa macam antioksidan yang berguna untuk mencegah risiko berbagai jenis penyakit.

Soal berapa kalori nasi dari beras cokelat, rupanya satu centong nasi cokelat mengandung 111 kalori. Tidak berbeda jauh dengan nasi putih sebagaimana nasi merah. Namun, kandungan serat di dalamnya tiga kali lebih banyak daripada nasi putih.

Beras Hitam

Selain beras putih, ada beras merah, ada beras cokelat, dan ada pula beras hitam. Saat ditanak, beras hitam akan berubah warna menjadi ungu. Namun, kandungan kalori dalam satu centong beras hitam lebih tinggi dibandingkan nasi putih karena mencapai 260 kalori. Beras hitam dipilih sebagai alternatif beras putih karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas.

Beras Basmati

Beras yang biasa dikonsumsi orang Indonesia memiliki bulir dengan panjang sedang. Beras basmati dengan bulir panjang lebih akrab dikonsumsi masyarakat India dan Asia Selatan. Dari segi rasa, beras basmati memiliki rasa agak mirip kacang dan aroma yang harum.

Menurut jurnal kesehatan, beras basmati memiliki kandungan arsenik yang lebih rendah sehingga mengurangi risiko penyakit. Tak hanya itu, secentong nasi basmati mengandung 121 kalori dengan indeks glikemik dan kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih.

Beras Shirataki

Terakhir, berapa kalori nasi shirataki yang terbuat dari umbi porang atau konyaku? Seporsi nasi shirataki (300 gram) mengandung 10 kalori saja.

Share

Trending Article

Kalori Ayam Pada Setiap Bagian-Bagiannya

Pisang Berapa Kalori? Apa Saja Manfaatnya? Ini Jawabannya!

100 Gram Nasi Berapa Kalori? Ini Kebutuhan Asupan Kalori Harian

Jangan Sampai Salah! Inilah Manfaat Menghitung Kalori Kalkulator Setiap Harinya

Inilah Tips Diet Tetap Makan Bakso Berapa Kalori! Cek Selengkapnya Sekarang

Mengenal Diet Defisit Kalori: Kunci Sukses Menurunkan Berat Badan

Article Category