Health

Cara Mengeluarkan Angin Dalam Perut Dengan Cepat

By Erwin |

Keberadaan gas di dalam saluran pencernaan merupakan hal yang normal terjadi dan disebabkan oleh makanan yang masuk ke dalam usus besar tidak tercerna secara sempurna. Selain itu, gas tersebut bisa juga terbentuk karena adanya udara yang tertelan secara tidak sengaja, bisa saat sedang makan, minum atau bicara. Berikut merupakan cara mengeluarkan angin dalam perut dengan cepat!

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cenderung mengurangi konsumsi air putih pada saat kembung bukanlah suatu penyelesaian yang baik. Pasalnya, untuk dapat mengeluarkan angin yang berada di dalam perut Anda justeru harus minum banyak air putih. 

Pada saat terjadi retensi air, tubuh secara otomatis akan menahan cairan sehingga hal tersebut tidak akan menyebabkan Anda dehidrasi dan menyebabkan kembung. Maka dari itu, untuk mengeluarkan angin dari dalam perut Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan cara minum air putih.

2.  Mandi Menggunakan Air Hangat

Cara mengeluarkan angin dalam perut dengan cepat selanjutnya adalah mandi menggunakan air hangat. Bagaimana bisa? Mandi atau berendam di dalam air hangat akan mempercepat pengeluaran angin yang berada di dalam perut karena pada saat itu tubuh akan mengalami relaksasi.

Kondisi tersebut akan membantu mengurangi tingkat stress Anda dan hal ini memungkinkan saluran pencernaan kembali berfungsi secara normal. Tak hanya itu, saluran dengan mandi menggunakan air hangat saluran pencernaan akan lebih efektif dan membantu Anda mengalami kembung berlebih.

3. Pijat Perut

Pijat perut juga akan membantu Anda dalam mengatasi masalah kembung sebab perut akan terus bergerak dan angin yang berada di dalam akan keluar. Cara ini sangatlah mudah dan aman dilakukan oleh siapapun.

Anda cukup menempatkan tangan tepat di atas tulang pinggul kanan kemudian lanjutkan dengan mengusap, memutar, dan menekan secara ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk. Kemudian usap lurus perut atas ke arah tulang rusuk kiri dan gerakkan perlahan ke bawah menuju tulang pinggul kiri.

4. Minum Teh

Terakhir Anda dapat mengeluarkan angin yang berada di dalam perut dengan cara yang sangat sederhana, yakni minum teh. Dalam hal ini Anda dapat minum teh hijau atau teh hitam. Keduanya memiliki sifat diuretik yang dapat membantu mengatasi retensi cairan pada tubuh Anda.

Dengan minum teh Anda akan terhindar dari dehidrasi yang menjadi penyebab utama terjadinya kembung. Tak hanya membantu mengeluarkan angin, minum teh juga membantu Anda mengeluarkan cairan berlebih yang ada di dalam sistem tubuh.

Demikian empat cara mengeluarkan angin dari dalam perut dengan cepat dan sangat sederhana serta dapat dilakukan di rumah. Anda dapat memilih satu dari empat cara yang telah disebutkan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu mengatasi masalah perut kembung Anda. 

Share

Trending Article

Tips Memilih Vitamin Penggemuk Badan dari Buah dan Sayur Agar Mencapai Keseimbangan Nutrisi Optimal

Vitamin B6 untuk Apa? Ini 5 Manfaatnya!

7 Vitamin Tulang

Manfaat Vitamin B Complex Yang Bagus

Tak Hanya Berfungsi Menjaga Kesehatan Mata, Ternyata Ini Dia Manfaat Vitamin A Bagi Tubuh

Yuk Kenali Berbagai Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan Tubuh

Article Category