Health

Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Kaki Memakai 5 Bahan Alami

By Erwin |

Cara menghilangkan bekas luka di kaki yang belum terlalu parah dapat ditangani secara mandiri. Sebagian besar bahannya pun bisa Anda peroleh di rumah. Penanganan yang tepat akan membuat kaki terlihat mulus dan meningkatkan kepercayaan diri.

Dihimpun dari Healthline dan Medical News Today, berikut bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bekas luka di kaki.

1. Aplikasikan minyak esensial

Minyak esensial yang mengandung geranium, kamomil, lavendel, frankincense, dan tea tree bisa diandalkan untuk memudarkan bekas luka di kulit. Selain itu, kandungan dalam bahan ini memiliki manfaat-manfaat lain seperti mencegah inflamasi dan infeksi.

Kemudian, cara menghilangkan bekas luka di kaki bisa dilakukan dengan memakai minyak kelapa atau almond. Tujuannya untuk meratakan bekas luka dan memenuhi asupan vitamin E.

2. Eksfoliasi untuk angkat sel kulit mati

Eksfoliasi bukan hanya berguna untuk kulit wajah, tetapi juga di bagian tubuh lain seperti kaki. Langkah ini dapat dilakukan memakai produk body care yang sesuai. Setelah itu, pakai pelembap untuk mencegah kulit kering atau iritasi.

Perhatikan cara eksfoliasi yang Anda lakukan pada bekas luka. Lakukan secara perlahan sampai lapisan sel kulit mati terangkat. Hentikan saat luka berubah kemerahan atau gatal-gatal.

3. Oleskan gel lidah buaya

Cara menghilangkan bekas luka di kaki berikutnya adalah dengan memanfaatkan gel lidah buaya. Seperti yang kita tahu, bahan alami ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan maupun kecantikan kulit tubuh. Sensasi sejuknya pun bakal meredakan luka atau iritasi yang mengganggu.

Dalam hal ini, Anda bisa memakai gel lidah buaya yang sudah dibentuk jadi kemasan atau langsung dari tumbuhan. Untuk cara kedua, jangan lupa membersihkannya sebelum diaplikasikan.

4. Gunakan larutan cuka apel

Cuka apel adalah bahan alami lainnya yang mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan. Sejauh ini, penelitian terhadap bahan tersebut baru dilakukan pada bekas jerawat. Namun, tak ada salahnya mencoba untuk bagian tubuh lain selama takarannya tepat.

Alasan lain yang membuat cuka apel cocok untuk cara menghilangkan bekas luka di kaki adalah kandungan asam suksinat (succinic acid) yang berperan untuk mencegah inflamasi.

5. Sunscreen untuk proteksi tambahan

Bekas luka bisa kembali basah atau berubah jadi infeksi saat tak mendapatkan proteksi optimal. Maka dari itu, jangan lupa berikan sunscreen sebelum Anda keluar ruangan. Cara ini pun terbilang efektif untuk mencegah kulit menghitam.

Kemudian, pilih sunscreen yang mengandung SPF 30. Aplikasikan secara rutin paling tidak dua jam sekali untuk memberikan hasil maksimal.

Demikian lima cara menghilangkan bekas luka di kaki yang bisa Anda lakukan di rumah. Namun kalau hasilnya tak sesuai ekspektasi, segera periksakan ke dokter.

Share

Latest Articles

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

10 Rekomendasi Body Lotion untuk Bayi yang Aman dan Bebas Bahan Berbahaya untuk Bayi

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Article Category