Health

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah yang Aman dan Tidak Menyakitkan

Bekas luka di wajah bisa membuat seseorang tidak percaya diri atau merasa kecil hati. Sebenarnya ada cara menghilangkan bekas luka di wajah. Namun, untuk cara yang menghilangkan bekas luka dengan cepat cenderung kurang aman untuk dilakukan. 

Misalnya dengan operasi atau perawatan laser, kamu mungkin saja harus melewati prosedur panjang dan tidak jarang diiringi rasa sakit. Selain itu, harga perawatannya juga cukup mahal. 

Ada cara yang lebih aman dan tidak menyakitkan untuk mengatasi bekas luka di wajah. Hasilnya memang tidak bisa instan dan langsung terlihat. Namun, dengan konsistensi bisa dipastikan bahwa bekas luka akan memudar dengan cara yang akan dijelaskan di bawah ini. 

1. Menggunakan Krim atau Gel Untuk Memudarkan Bekas Luka 

Sekarang ini banyak krim atau gel yang memiliki manfaat untuk memudarkan sampai menghilangkan bekas luka. Produk semacam ini biasanya memiliki kandungan utama untuk kulit seperti vitamin E dan juga vitamin C. 

Obat semacam ini biasanya dijual cukup bebas dan mudah ditemukan. Namun, jika pada bekas luka terasa gatal atau panas. Lebih baik melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menggunakan produk tertentu. 

2. Rajin Mengonsumsi Teh Hijau 

Cara menghilangkan bekas luka di wajah selanjutnya adalah mengonsumsi teh hijau Walaupun tidak berefek langsung pada bekas luka, namun mengonsumsi teh hijau secara rutin bisa menunjang perawatan dan pemudaran bekas luka. Bahkan, tidak hanya pada bagian yang memiliki bekas luka saja. 

Teh hijau juga akan meningkatkan kondisi kulit secara keseluruhan. Teh hijau yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi memiliki efek meningkatkan elastisitas kulit dan detoksifikasi alami pada tubuh. Memiliki sifat anti inflamasi yang mengurangi peradangan pada kulit dan bagian tubuh yang lainnya. 

3. Membalut Luka Untuk Memperbaiki Tekstur 

Melakukan pembalutan luka bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bekas luka yang selanjutnya. Mengapa bekas luka masih perlu dibalut ? pembalutan ini memiliki tujuan untuk memperbaiki tekstur kulit yang terluka. 

Jika bekas luka dibalut maka akan menghasilkan tekanan. Tekanan inilah yang dapat meratakan dan mengecilkan bekas luka dengan lebih cepat. Memang tidak bisa memberikan hasil secara langsung. Perlu pembalutan dalam waktu 6-12 bulan untuk benar-benar melihat hasilnya. 

4. Rajin Melakukan Skincare yang Memperbaiki Tekstur Kulit 

Bekas luka yang sudah mengering cenderung lebih aman untuk dilapisi dengan skincare. Kamu bisa menggunakan skincare dengan fungsi utama memperbaiki tekstur kulit sebagai cara mengurangi bekas luka di wajah.  

Gunakan skincare dengan kandungan oatmeal, minyak kelapa, lidah buaya, dan berbagai bahan yang menenangkan dan memiliki efek anti inflamasi. Namun, perlu diingat cara ini hanya bisa dilakukan pada bekas luka yang benar-benar sudah kering saja. 

Itulah berbagai cara menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa dilakukan. Kamu mungkin tidak bisa mendapatkan hasil secara instan. Namun, cara di atas dijamin bisa meningkatkan kondisi kulit kamu dan bekas lukanya.